Peran Manajemen Humas dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di MTSN 2 Lamongan

Authors

  • Rahmatulloh Rahmatulloh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2020.2.2.108-123

Keywords:

Manajemen Humas, Partisipasi Masyarakat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan antara (1) Perencanaan manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MtsN 2 Lamongan. (2) Pelaksanaan manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MtsN 2 Lamongan. (3) Evaluasi manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MtsN 2 Lamongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dengan metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan kata tertulis atau lisan sebagai alat untuk menentukan keterangan mengenai gambaran secara ringkas suatu gejala, peristiwa atau keadaan sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa. Pertama, perencanaan manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MtsN 2   mereka selalu membuat program bersama-sama melalui rapat semua pihak diantaranya kepala sekolah, kabid humas, para guru serta pegawai yang menyusun program bidang lain yang akan dilaksanakan . Kedua, Pelaksanaan manajemen humas  sesuai perencanaan dimana tugas humas untuk memberikan pelayanan dan informasi, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. Ketiga, evaluasi manajemen humas   merupakan tahap akhir dari pengelolaan humas, dilakukan sesuai standart pelayanan madrasah, dilakukan pihak internal dan eksternal madrasah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Soyomukti, Nurani, 2010 Teori-Teori Pendidikan klasik Hinga Post Modern, Yogyakarta ,Arrsuzzmedia
Abdul ,Rahmat, 2016 , Manajemen Humas Sekolah, Yogyakarta : Media Akademi
Anggoro, Linggar. 2002. Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2004. Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persana.
Derajat, Zakiyah. 2002. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama. Djumransjah. 2006. Filsafat Pendidikan Islam. Malang:
Bayu Media Effendi, Onong Uchjana. 2002. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung: PT. Remaja Karya.
E. Mulyasa. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Rosda Karya Offset. Infachrudi, Sekarto dan Soetopo,
Henyat. 2006. Administrasi Pendidikan. Malang: IKIP Malang. Fatah, Nanang. 2006. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jefkins, Frank. 2002. Public Relation. Jakarta: Erlangga.
Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Muhaimin, Mujib, Abd. 2004. Pemikiran Pendidikan Islam.
Bandung: Trigenda Karya.
Nata, Abudin. 2003. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT. Prenada Media. Nawawi, Hadari. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. yogyakarta: Gajah Mada Press.
Purwanto, Ngalim. 2006. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Rahmadi F. 2006. Public Relation dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Geamedia.
Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-09-28

How to Cite

Rahmatulloh, R. (2020). Peran Manajemen Humas dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di MTSN 2 Lamongan. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 2(2), 108–123. https://doi.org/10.15642/japi.2020.2.2.108-123

Issue

Section

Articles