Manajemen Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Jenjang SMA/ SMK Dinas Pendidikan Jawa Timur

Authors

  • Ahmad Fauzi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Milla Rohmatul Azizah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Arina Ayu Fitrotin UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Dewi Tsamrotul UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.2.204-212

Abstract

Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sebagai upaya proses evaluasi pendidikan diperlukan kontinuitas dalam peningkatan sistem manajemennya, terciptanya efektifitas dan efisiensi proses evaluasi pendidikan mampu meningkatkan kualitas pendidikan melalui proses penilaian yang komprehensif. Penelitian ini mengkaji implementasi ANBK di tingkat SMA/SMK Jawa Timur, mengidentifikasi manfaat, faktor penghambat dan pendukung, serta menganalisis potensi kendala yang mungkin muncul selama implementasi ANBK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan penggalian data yang dilakukan melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Manajemen pelaksanaan dalam ANBK di dinas pendidikan Jawa Timur menerapkan 4 sistem manajerial POAC (Planning, Organizing, Actuating dan Controlling) mulai dari persiapan tim di dinas Pendidikan, pengarahan kepada setiap daerah untuk pemrograman ANBK, pengarahan administrasi data dari peserta ANBK dan menyebarkan survey lingkungan belajar agar hasil dari diadakannya ANBK dapat dengan maksimal, serta adanya evaluasi atau pengontrolan dari dinas Pendidikan kepada sekolah yang menjadi sampling disetiap daerah. Sehingga, diketahui bahwa 75% sekolah-sekolah binaan dinas pendidikan Jawa Timur jenjang SMA/SMK tahun 2023 telah menyelenggarakan pelaksanaan ANBK dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berlianto, A. F., & Pembangunan, H. R. P. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berstandar Komputer di Madrasah Ibtidaiyah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 739–745. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.62 3

Fadilah, D., & Hayati, N. (2022). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Di Sekolah Penggerak Sdn 3 Pringgasela Selatan. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 252–264. https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7143

Kharismawati, S. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di Sekolah Dasar Terpencil. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 229–234.

https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.37 2

Moleong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya

Rahim, A., Rusman, L., Kunci, K., & Asesmen Nasional Berbasis Komputer, P. (2022). Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (Anbk) Di Smp Negeri 3 Tolitoli. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 1(1), 33–40.

Setiyowati, H., Suryati, E., & Rina, R. (2022). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Di Madrasah Ibtidayah Negeri 9 Hulu Sungai Utara. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 803. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1086

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Ahmad Fauzi, Milla Rohmatul Azizah, Arina Ayu Fitrotin, & Dewi Tsamrotul. (2023). Manajemen Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Jenjang SMA/ SMK Dinas Pendidikan Jawa Timur. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(2), 204–212. https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.2.204-212

Issue

Section

Articles