Peran Manajemen Pendidikan Islam Bagi Pesantren Di Tengah Pandemi Covid-19

Authors

  • Isa Anshori UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Elok Maziyah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.2.128-144

Keywords:

Covid-19, Maintenance, Boarding School, Facilities and Infrastructure., the role of islamic education manajement

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to get information about the impact COVID-19 has on the boarding school of Islamic education institutions and identify the role of Islamic education management in the boarding school of Islamic education in dealing with COVID-19. The study uses qualitative methods used to learn information about the effects of COVID-19 on boarding schools. Limited to one respondent is KH. Ilyas Siraj who is the head of the foundation of the boarding school Nurul Islam Karang Cempaka, Bluto, Sumenep, Madura. The interview was conducted by the questions provided by three, where the interview was conducted at his residence. The result of this study is that boarding schools have had very profound effects during the COVID-19 outbreak. Among other things, there are canceled boarding programs, uncontrolled and irreplaceable educational of student character, and finally an aspect of management activity is not well because of the government's policies on the corona strains of education for education.

Keywords:  COVID-19 pandemic, Islamic boarding school, the role of Islamic education management.

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai dampak adanya COVID-19 bagi lembaga pendidikan Islam pesantren serta mengidentifikasi peranan manajemen pendidikan Islam pada lembaga pendidikan Islam pesantren dalam menghadapi pandemic COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk memahami dampak  COVID-19 bagi pesantren. Subjek  penelitiannya ditentukan secara purposif yaitu KH. Ilyas Siraj  yang merupakan pengasuh sekaigus ketua yayasan dari Pondok Pesantren Nurul Islam Karang Cempaka, Bluto, Sumenep, Madura. Teknik pengumpulan data menngunakan observasi terfokus, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang dihimpun dianalisis melalui reduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan,  terdapat beberapa dampak yang teramat sangat dirasakan oleh pesantren ditengah adanya wabah covid-19, yaitu pesantren terpaksa memulangkan para santri, terdapat berbagai macam program kegiatan pesantren yang dibatalkan, penanaman pendidikan karakter santri yang tidak dapat terkontrol dan tidak dapat tergantikan dengan system online, dan yang terakhir aspek kegiatan manajemen tidak berjalan baik karena kebijakan pemerintah mengenai wabah corona bagi pendidikan dirasa terlalu mendadakan.

Kata kunci : pandemi COVID-19, Pesantren, Peran Manajemen Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshori, Isa. (2003). “Modernisasi Pendidikan Islam Dalam Pondok Pesantren”, HALAQA: Jurnal Kependidikan Dan KeIslaman, 2 (2), April. Http://Digilib.Uinsby.Ac.Id/Id/Eprint/39589

Anshori, Isa. (2017). “Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah”, HALAQA: Islamic Education Journal, 1 (2), Desember. (Online),Http://Ojs.Umsida.Ac.Id/Index.Php/Halaqa,

Http://Doi.Org/10.21070/Halaqa.V1i2.1243

Sri, Ambar Lestari. (2014). “Pemanfaatan Tegnologi Informasi Bagi Dunia Pendidikan”, Shautut Tarbiya, 31 (20), November.

Septuri. (2016). “Konsep Manajemen Pendidikan Islam: Sebuah Analisis Aspek Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Konsep Manajemen Pendidikan Islam”, Jurnal Al-Idarah. Vol. 06, No. 01

Rasyid, Andi Pananrangi. (2017). Manajemen Pendidikan. CELEBES MEDIA PERKASA.

Halim, Abdul Rofi’ie. (2017). “Pendidkan Karakter Adalah Sebuah Keharusan”, Waskita, 1 (1).

Syafe’I, Imam. (2017). “PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter”, 8 (1), Mei.

Mukhlis, Faisol. (2018). “Peran Manajemen Dalam Pendidikan Islam”, Reaserchgate, 1 (1), Oktober.

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. (2008). PENDEKATAN, JENIS, DAN METODE PENELITIAN PENDIDIKAN.

Purwanto Et Al., (2020). “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar”, Edupsycon, 2 (1), April.

Yuliana. (2020). “Corona Virus Diseases (COVID-19); Sebuah Tinjauan Literature”, Wellness And Healthy Magazine, 2 (1), Februari.

CNN Indonesia. (2020). “Corona Buktikan Pendidikan Indonesia Tak Siap Hadapi Abad 21”, https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200416074143-20-494007/corona-buktikan-pendidikan-indonesia-tak-siap-hadapi-abad-21, diakses pada 18 Mei 2020.

WHO. (2020). “Corona Virus”, https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus, diakses pada 18 Mei 2020.

Indah Aprilin Cahyani. (2020). “Update Corona Global Jumat, 15 Mei 2020: 4,5 Juta Orang Terinfeksi, Meksiko Catat 2.409 Kasus Baru”, https://www.tribunnews.com/internasional/2020/05/15/update-corona-global-jumat-15-mei-2020-45-juta-orang-terinfeksi-meksiko-catat-2409-kasus-baru, diakses 18 Mei 2020.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-09-22

How to Cite

Anshori, I., & Maziyah, E. (2022). Peran Manajemen Pendidikan Islam Bagi Pesantren Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(2), 128–144. https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.2.128-144

Issue

Section

Articles