Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kedisiplinan Kerja Tenaga Honorer Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis

Authors

  • Rizka Fitri Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis
  • Indra Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.2.175-182

Abstract

Abstrak

Penelitian ini terdiri dalam dua variabel yaitu budaya organiasi (X) dan kedisiplinan kerja tenaga honorer (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama budaya organisasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis, kedua untuk mengetahui kedisiplinan kerja tenaga honorer Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis, ketiga untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kedisipilinan kerja tenaga honorer Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Field Research dimana penelitiannya dilakukan dengan cara terjun langsung kelapangan untuk memperoleh data dan menganalisa data. Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakanan adalah deskriptif kuantitatif dimana untuk mendapatkan hasil diperoleh dengan analisa melalui SPSS sebagai pengukuran. Subjek dalam penelitian ini adalah tenaga honorer Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis. Objek penelitian ini adalah pengaruh budaya organisasi terhadap kedisipilinan kerja tenaga honorer Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 56 tenaga honorer. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa budaya organisasi sangat berpengaruh terhadap kedisiplian kerja tenaga honorer Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis, karena setelah diuji dari angket yang telah disebarkan selanjutnya diolah di SPSS menggunakan uji korelasi yang diperoleh nilai sebesar 0.714 yang berada pada rentang 0.70 – 0.90 yang berarti antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang tinggi. Sedangkan nilai signifikasi yang diperoleh sebesar 0.005, yang berarti ada pengaruh.
Kata Kunci : Budaya Organisasi, Kedisiplinan Kerja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, Fauzia, (2019). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia, Medan: UISU Press.

Aryani, Rika, (2020). “Dicipline Management Strategy”, Jurnal Islamika, Vol. 3, No. 2.

Azan, Khairul, Ali M Zebua, dkk, (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Kajian Teoritis dan Praktis dalam Pendidikan, Bengkalis: DOTPLUS Publisher.

Burhanuddin, Achmad Supriyanto, Eka Pramono Adi, (2018). Budaya Organisasi dan Kepemimpinan, Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Fajri, Al Bahri, Siti Kholilah Siregar, dkk, (2022). Evaluasi Program Pendidikan, Medan: UMSU Press.

Hadijaya, Yusuf, (2020). Budaya Organisasi, Medan: Pusdikra Mitra Jaya.

Hardani, Nur Hikmatul Auliya, dkk, (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.

Jasmalinda, (2021). “Pengaruh Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) (Studi Kasus Pada Unit Sarana PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional Ii Sumatera Barat”, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1, No. 11.

Kharisma, Anindy Wardhani, Fajar Israwan, dkk, (2022). Teknik Peramalan pada Teknologi Informasi, Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi Anggota IKAPI.

Kristanti, Desi, Ria Lestari Pangastuti, (2019). Kiat-kiat Merangsang Kinerja Karyawan Bagian Produksi, Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Kusuma, Dian Wulandari, (2020). Pengujian Hipotesis (Deskriptif, Komparatif dan Asosiatif), Jombang: LPPM Universitas KH. A Wahab Hasbullah.

Kurniawan, Heru, (2021). Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: CV Budi Utama

Machali, Imam, (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mansah, Adi, (2022). Pendidikan Kewirausahaan (Edupreneurship) Berbasis Al-Qur'an, Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka.

Martua, Aldi Hasibuan, Dwiarko Nugrohoseno, (2022). “Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Kementerian Hukum dan HAM pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Jakarta”, Riset & Jurnal Akuntansi, Vol 6 Nomor 2, e-ISSN: 2548-9224, p-ISSN: 2548-750.

Novalien. C. Lewaherilla, Ardhariksa Zukhruf Kurniullah, dkk, (2021). Knowledge Management, Yogyakarta: Zahir Publishing.

Rahmati, Ita, Lailatus Sa'dah, dan Devi Aprilia, (2020). Faktor Kompensasi, Motivasi, dan Disiplin Kerja Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang), Jombang: Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Rahmadi, (2011). Pengantar Metodologi Penelitian, Kalimantan Selatan: Antasari Press.

Rahmati, Ita, Lailatus Sa'dah dan Devi Aprilia, (2021). “Kompensasi, Motivasi dan Disiplin Kerja serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan”, Jurnal Manajemen, Volume 4, No. 1, e-ISSN 2622-6367.

Ronnt, Yusuf Edward, (2022). Dampak Budaya Organisasi, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja, Surabaya: CV. Jakad Media Publishing

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: ALFABETA

Suryani, Kadek, Kadek Dewi Indah Sri Laksemini, Mateus Ximenes, (2019). Buku Ajar Perilaku Organisasi, Bandung: Nilacakra.

Swarjana, Ketut, (2022). Populasi-Sampel, Teknik Sampling & Bias dalam Penelitian, Yogyakarta: ANDI.

Ubaya, Eka Taruna Rauf, (2020). “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kedisiplinan Pegawai Di Kantor Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah”, Jurnal Sosial Dan Humanis Sains, Vol. 05 No. 01.

Wahyun, Fitri, Suci Midsyahri Azizah, (2021). “Budaya Organisasi Dalam Prespektif Al-Qur’an Dan Al-Hadist”, Jurnal Studi Islam dan Humaniora, Vol. 2 No. 2, ISSN: 2745-4584.

Wisnu, Dicky, (2019). Teori Organisasi Struktur dan Desain, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Yusra, Zhahara, Rufran Zulkarnain, dkk, (2021). “Pengelolaan LKP Pada Masa Pendemik Covid-19”, Journal Lifelog Learning, Vol. 4, No.1, 15-22, ISSN: 2715-9809.

Downloads

Published

2023-09-24

How to Cite

Fitri, R., & Indra. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kedisiplinan Kerja Tenaga Honorer Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(2), 175–182. https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.2.175-182

Issue

Section

Articles