Pengaruh Kinerja Kepala Madrasah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pembelajaran pada Mts Swasta se-Kabupaten Bengkulu Selatan

Authors

  • Budi Hartono Pengawas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan
  • Gustini Gustini Pengawas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan
  • M. Arifky Pratama Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkulu Selatan
  • Pirman Naidi Madrasah Aliyah Swasta Talang Tinggi
  • Iin Permatasari Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkulu Selatan
  • Yusri Yusri SMP Negeri 4 Bengkulu Selatan

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.2.167-174

Abstract

Mutu pembelajaran merupakan cerminan prestasi sekolah dalam mempersiapkan sumber daya manusia dalam menghadapi persaingan global dunia pendidikan. Untuk itu diperlukan suatu kondisi yang mampu membawa perubahan dan pemberian motivasi kepada seluruh personil yang ada di madrasah untuk melakukan upaya ekstra dalam mencapai efektivitas kerja sesuai dengan tujuan pendidikan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran empirik tentang pengaruh kinerja kepala madrasah dan kinerja guru terhadap mutu pembelajaran pada MTs Swasta sekabupaten Bengkulu Selatan. Tujuannya untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kinerja kepala madrasah dan kinerja guru terhadap mutu pembelajaran pada MTs Swasta sekabupaten Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil secara random 50 guru dari populasi sejumlah 130 guru. Lokasi penelitian ini dilakukan di MTs Swasta Bengkulu Selatan. Objek penelitiannya adalah guru. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Pengaruh kinerja kepala madrasah terhadap mutu pembelajaran termasuk kategori sangat baik (2) Pengauh kinerja guru terhadap mutu pembelajaran termasuk sangat baik (3) Pengaruh kinerja kepala madrasah dan kinerja guru terhadap mutu pembelajaran adalah sangat baik sebesar 47,6% dan sisanya 52,4% ditentukan oleh faktor lain. Rekomendasi: Untuk kepala madrasah pada MTs Swasta sekabupaten Bengkulu Selatan; (a) perlu peningkatan/pengembangan kegiatan yang dapat memotivasi pada peningkatan kinerja guru baik yang langsung terkait dengan pembelajaran maupun dengan yang lain yang dapat menunjang pada peningkatan mutu pembelajaran sebagai bagian dari pengembangan profesional guru; (b) perlu menciptakan lingkungan sekolah yang terbuka terhadap berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurohman, M., Supardi, S., & Qurtubi, A. (2022). Manajemen Sarana Prasarana Dan Mutu Tenaga Pendidik Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Smk Se-Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang. MANAJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 135-143.

Anggraeni, R., & Effane, A. (2022). Peranan Guru dalam Manajemen Peserta Didik. KARIMAH TAUHID, 1(2), 234-239.

Darmansah, T. (2022). Peran Pengawas Pendidikan Dan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Mudabbir (Journal Research And Education Studies), 2(1), 11-21.

Fitriyani, I., Astuti, E. P., & Nugraheni, P. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Geometri Materi Bangun Datar pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 163-174.

Indriyani, A. E., & Hariyatmi, H. (2023). Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Biologi SMA Kelas X di Kabupaten Sragen dalam Menyusun Modul Ajar Tahun Ajaran 2022/2023. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1).

Kristini, A., Purnami, A. S., & Mulyono, R. (2023). Inovasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Berasaskan Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Di Gugus 2 Nanggulan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 189-197.

Norniati, N. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Armada: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(5), 375-383.

Siahaan, A., Lubis, A. A., Sitorus, C. M., Fatimah, T., & Zebua, V. F. (2022). Evaluasi Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di MA Laboratorium UINSU Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11143-11150.

Supriyadi, S. (2023). Improving Teacher Performance In Learning Management Through Teaching Supervision At Sd Negeri 1 Ngasinan, Ponorogo District. Al Ibtidaiyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 50-64.

Utama, W. W., Kuswarno, E., & Radjamansyah, R. (2022). Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP BPI dan SMP Pasundan 1 Kota Bandung. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 752-760.

Yanto, Y., & Supriyanto, S. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Menghadapi Pendidikan Era Global (Studi di Pondok Pesantren Darul Amal Karanganyar). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 849-856.

Downloads

Published

2023-09-24

How to Cite

Hartono, B. ., Gustini, G., Pratama, M. A., Naidi, P., Permatasari, I., & Yusri, Y. (2023). Pengaruh Kinerja Kepala Madrasah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pembelajaran pada Mts Swasta se-Kabupaten Bengkulu Selatan. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(2), 167–174. https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.2.167-174

Issue

Section

Articles