Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus di Madrasah Se-Jawa Timur

Authors

  • Ikhwanul Muslimin IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.1.43-57

Keywords:

Kurikulum, Merdeka Belajar, Lembaga Pendidikan Islam, Jawa Timur

Abstract

Pendidikan di Indonesia masih hangat memperbincangkan terkait kurikulum merdeka belajar. Masih terbatas rujukan mengenai teori, konsep, dan implementasi dari kurikulum merdeka belajar khususnya pada Lembaga Pendidikan Islam. Artikel ini bertujuan untuk mengupas tuntas konsep kurikulum merdeka belajar mulai dari perencanaan, pelaksanaan, kendala, hingga solusi pada Lembaga Pendidikan Islam di Jawa Timur. Artikel dibuat berdasarkan penelitian lapangan dengan pendekatan studi kasus kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data interaktif versi Miles-Huberman. Disimpulkan bahwa konsep perencanaan dan pelaksanaan kurikulum merdeka belajar pada Lembaga Pendidikan Islam di Jawa Timur dilakukan melalui dua proses. 1) Sosialisasi empat pilar kurikulum merdeka belajar dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam bersama dengan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia. 2) Menyiapkan infrastruktur seperti EMIS (Education Management Information System), sistem e-learning seperti PINTAR dan Mandiri Belajar untuk mendukung pelaksanaan kurikulum merdeka belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76

Arif, M. (2022). Character Education Innovation in Forming Millennial Generation Personality. Didaktika Religia, 10(1), 67–88. http://jurnalpascasarjana.iainkediri.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4%0Ahttp://jurnalpascasarjana.iainkediri.ac.id/index.php/didaktika/article/download/4/4

Arifi, M. (2022). INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK GENERASI MILLENNIAL Dinamika Pendidikan di Indonesia Sejarah pendidikan di Indonesia dimulai pada era perkembangan salah. 67–88.

Ayu, N. A. K. (2017). Peluang Social Innovation dalam Revolusi Industri 4.0: Bagaimana Perkembangannya di Indonesia. In Forbil Institute (Issue November 2018). https://forbil.org/manage/statics/publication/27/Forbil_Ebook_Series_Nov-II_Peluang_Social_Innovation_dalam_Revolusi_Industri_4.0.pdf

Belajar, K., & Jawa, D. I. (2022). Penerapan merdeka. 149–168.

Hardiman, F. B. (2012). Humanisme dan Sesudahnya: Meninjau Ulang Gagasan Besar tentang Manusia.

Hasudungan, A. N., & Kurniawan, Y. (2018). Meningkatkan Kesadaran Generasi Emas Indonesia Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Inovasi Digital Platform www.indonesia2045.org. 1(September), 51–58. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/263

Huda, S. (2020). Integrasi Ilmu Antara Wacana dan Praktif: Studi Komparatif UIA Malaysia & UIN Malang. In Spasi Book (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainkediri.ac.id/127/1/INTEGRASI ILMU - Buku.pdf

Irawan, I. (2017). Paradigma Keilmuan Manajemen Pendidikan Islam. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 297–315. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-07

Mendikbud. (2013). Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Journal of Chemical Information and Modeling, 2011, 1–18.

Menon, K. (2019). Reimagining curricula for the Fourth Industrial Revolution. The Independent Journal of Teaching and Learning, 14(2), 6–19. https://www.researchgate.net/publication/337474314_The_Independent_Journal_of_Teaching_and_Learning_-_Vol_14_2_2019_Reimagining_curricula_for_the_Fourth_Industrial_Revolution

Muwahid, S., & Soim. (2013). Manajemen Pendidikan Islam, Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita, 1, 101.

Njoto, M. (1962). Ilmu dan Amalnya. 18–27.

Nuryamin, N. (2011). HAKIKAT EVALUASI: Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 14(2), 202–218. https://doi.org/10.24252/lp.2011v14n2a6

Priatna, T. (2019). Disrupsi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dunia Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. In UIN Sunan Gunung Djati. http://digilib.uinsgd.ac.id/29541/1/BUKU DISRUPSI PENDIDIKAN 2019.pdf

Saefullah, U. (2012). Manajemen Pendidikan Islam Bandung Pustaka Setia 2012.pdf (p. 332).

Shahroom, A. A., & Hussin, N. (2018). Industrial Revolution 4.0 and Education. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(9), 314–319. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i9/4593

Yaqin, N. (2016). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. In Madinah: Jurnal Studi Islam (Vol. 3, Issue 2). http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/madinah/article/view/178

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Muslimin, I. (2023). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus di Madrasah Se-Jawa Timur. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(1), 43–57. https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.1.43-57

Issue

Section

Articles