Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di MAN 1 Jombang

Authors

  • Dianita Nur Auliya UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ahmad Fauzi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Abdul Haris MAN 1 Jombang

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.1.84-97

Keywords:

Manajemen, Manajemen Kesiswaan, Prestasi Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi yang diraih oleh peserta didik MAN 1 Jombang yang mengalami peningkatan, oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui implementasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi peserta didik di MAN 1 Jombang. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan pengumpulan datanya yaitu kepala madrasah, waka bidang kurikulum, dan waka bidang kesiswaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) Perencanaan akademik meliputi: perencanaan program PPDB, identifikasi potensi peserta didik, pengelompokan peserta didik, program olimpiade dan pembinaan, perencanaan sarana dan prasarana. Perencanaan bidang non akademik meliputi: perencanaan dan identifikasi bakat, minat, dan potensi peserta didik, sosialisasi kepada peserta didik, pembinaan kegiatan (ekstrakurikuler, life skills). 2) Pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi peserta didik dilakukan koordinasi antara kepala madrasah, waka madrasah, guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik. 3) Evaluasi dan peningkatan prestasi dilakukan dengan membandingkan hasil belajar dan prestasi dengan hasil sebelumnya yang terdapat pada EDM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almanshur, F., & Gony, M. D. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.

Darmadi, H. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Dimyati, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Hendraman, & Putra, N. (2013). Metodologi Riset Campur Sari. Indeks.

Muslih. (2018). “Upaya Pengembangan Kurikulum Prodi S2 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UIN Walisongo Semarang.” Nadwa: Jurnal Pendidikan ISlam, 12, 160.

Muslimin, I. (2015). Manajemen Staffing. UIN Maliki Press.

Mustaqim. (2012). Sekolah/Madrasah Berkualitas dan Berkarakter. Jurnal Nadwa, 6, 141.

Nazir, M. (1985). Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia.

Nuzuar. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan: Teori dan Praktik. LP2 STAIN CURUP.

Nuzuar. (2012). Pengantar ilmu Pendidikan. LP2 STAIN CURUP.

Permendiknas Nomor 23 Tahun 2017 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah, Pasal 5 (1). (2017).

Permendiknas Nomor 62 Tahun 2013 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah, Pasal 5 (1). (2013).

Raharjo. (2014). “Problem dan Solusi Studi Mahasiswa Semester Tua.” Nadwa: Jurnal Pendidikan ISlam, 8, 319.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Alfabeta.

Sukidin, B. (2002). Metode Penelitian Kualitatif, Perspektif Mikro. Insane Cendikia.

Sulistiyorini. (2009). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Strategi dan Aplikasi. Sukses Offset.

Suwardi, & Daryanto. (2017). Manajemen Peserta Didik. Gaya Media.

Tanzeh, A. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Teras.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 tentang Tujuan Pendidikan. (2003).

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan penelitian Gabungan. Kencana.

Downloads

Published

2022-03-06

How to Cite

Auliya, D. N., Fauzi, A. ., & Haris, A. . (2022). Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di MAN 1 Jombang. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(1), 84–97. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.1.84-97

Issue

Section

Articles