Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP Negeri 2 Krian

Authors

  • Didik Hartono SMPN 2 Krian Sidoarjo
  • Melynia Wulaningsing Putri Hariono UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Arif Mansyuri UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.1.13-24

Keywords:

Pengelolaan, Sarana dan Prasarana, Kualitas Pendidikan

Abstract

Abstract: The quality of student education is the main thing in achieving the maximum quality of education. A good learning process really accommodates students in developing and improving the skills and potentials that exist in each individual student. Therefore, the management of facilities and infrastructure is a significant aspect in supporting the implementation of a smooth educational process so as to create good quality education. This study aims to see how the management of facilities and infrastructure in improving the quality of education in SMP Negeri 2 Krian. The methodology applied in this research is qualitative research by applying the method of observation, the method of library research and the direct interview method in the data collection process. The results obtained concluded that the management of facilities and infrastructure at SMPN 2 Krian has been carried out well so that it can support the education process well at SMPN 2 Krian although there are still some things that need improvement.

Keywords: Management, Facilities and Infrastructure, Education Quality

 

Abstrak: Kualitas pendidikan siswa merupakan hal yang utama dalam mencapai kualitas pendidikan yang maksimal. Proses pembelajaran yang baik sangatlah mengakomodasi para siswa dalam mengembangkan dan meningkatkan keterampilan serta potensi yang ada dalam masing-masing pribadi siswa. Oleh karena itu, Pengelolaan Sarana dan prasarana termasuk sebuah aspek yang signifikan dalam mendukung terlaksananya proses pendidikan yang lancar sehingga dapat menciptakan kualitas pendidikan yang baik. Penelitian ini memiliki tujuan guna melihat bagaimanana pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Negeri 2 Krian. Metodologi yang diterapkan pada penelitian ini yakni penelitian kualitatif dengan menerapkan metode observasi, metode studi pustaka atau kepustakaan serta metode wawancara secara langsung dalam proses pengumpulan datanya. Hasil yang didapatkan disimpulkan bahwa pengelolaan sarana dan prasrana di SMPN 2 Krian ini telah terlaksana dengan baik sehingga dapat menunjang proses pendidikan dengan baik di SMPN 2 Krian walaupun masih ada beberapa hal yang membutuhkan perbaikan. 

Kata kunci: Pengelolaan, Sarana dan Prasarana, Kualitas Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ikawati, A. (n.d.). PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PRODUKTIF DI SMK NEGERI 3 MAKASSAR. 15.

Latif, I. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Bone, 9. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/adara/article/view/427

Megasari, R. (2014). PENINGKATAN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMPN 5 BUKITTINGGI. 2, 13.

Nasrudin, N., & Maryadi, M. (n.d.). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN DI SD. Jurnal Managemen Pendidikan, 13. https://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/download/6363/3940

Nikasari, D. (n.d.). STRATEGI PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MI MAMBA’UL HUDA AL- ISLAMIYAH NGABAR PONOROGO SKRIPSI. 197.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. (n.d.). https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan%20PP%20Nomor%2057%20Tahun%202021.pdf

Pukan, T. G. (2020). PENGARUH SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SDI LUKI KECAMATAN WULANDONI. e- Jurnal Mitra Pendidikan, 4(11), 714–730. https://doi.org/10.52160/e-jmp.v4i11.788

Putri, D. F. D. (n.d.). PENINGKATAN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN GUNA TERCAPAINYA PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS. 5.

S, M. Fredi. (2019). PENINGKATAN KUALITAS DAN MUTU PENDIDIKAN DENGAN MENINGKATKAN ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/gf3sw

Sari, W. F., & Afriansyah, H. (n.d.). Administrasi sarana dan prasarana. 4.

Saryono, & Hutomo, B. S. (n.d.). MANAJEMEN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DI SMA NEGERI SE KOTA YOGYAKARTA. 12. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/viewFile/10213/7934

Susanto, R. (n.d.). PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMK. 5.

Timur, C. (n.d.). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH. 11.

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo. https://core.ac.uk/download/pdf/198238855.pdf

Downloads

Published

2022-03-06

How to Cite

Hartono, D., Hariono, M. W. P., & Mansyuri, A. . (2022). Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP Negeri 2 Krian. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(1), 13–24. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.1.13-24

Issue

Section

Articles