Manajemen Sarana dan Prasarana Melalui Pengadaan Gedung Keterampilan sebagai Upaya Meningkatkan Hard Skill Siswa di MAN 2 Mojokerto

Authors

  • Mellyana Eka Fitriani UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Dita Wulandari UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Suparto Suparto UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Moh Rodli Madrasah Aliyah Negeri 2 Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.1.1-12

Keywords:

Manajemen, Pengadaan, Sarana Dan Prasana, Hard Skill Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana melalui pengadaan gedung keterampilan sebagai upaya meningkatkan hard skill siswa di MAN 2 Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan Subjek penelitian bapak kepala madrasah, pengelola gedung keterampilan dan koordinaor unit setiap program. Kesimpulan dari penelitian ini ialah menunjukkan cara pengadaan sarana dan prasana melalui gedung keterampilan bahwa pembangunaan gedung keterampilan MAN 2 Mojokerto dimulai pada tahun 2019 dengan mengembangkan 6 program keterampilan antara lain tata boga, tata busana, DKV, griya batik, animasi, multimedia. Pembangunan gedung keterampilan dimulai ketika sekolah mendapat bantuan pembangunan gedung keterampilan dari Kantor Kementrian Agama Republik Indonesia. Pada tahun 2020 sekolah juga mendapat bantuan dana hibah vokasi dari Pemprov Jawa Timur. Penelitian dikaji menggunakan prinsip PPEP (penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, Rusydi Dan Banurea, Oda Kinata. 2017. Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.

Dolan. Data Analysis Teknik Analisis Data Kualitatif. Artikel Diakses di https://www.dqlab.id/data-analisis-pahami-teknik-pengumpulan-data Pada Tanggal 29 November 2021 pukul 09.22.

Hastalona, Dina. 2021. PKM Pentingnya Penguasaan Softskill Bagi Generasi Z Dikalangan Siswa Siswi SMA Inti Nusantara Tebing Tinggi. Indonesian Collaboration Journal Of Community Service. Volume 1. No. 4.

Japina, Henky. 2017. Pengendalian Manajemen Atas Sistem Informasi. Jurnal Ilman. Vol. 05 No. 1.

Kholis, Nur. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model Dan Aplikasi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Lastariwati, Badraningsih. 2012. Pentingnya Kelas Kewirausahaan Pada Smk Pariwisata. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 2. Nomor 1.

Linarwati, Mega. Fathoni, Aziz. Minarsih, Maria. 2016."Studi Deskriptif Pelatihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega Cabang Kudus". Journal Of Management. Vol. 2, No. 2.

Ntawubawa, Wayan Yeremia. Mulya, Made Oka. Pranoto.2020. Analisis Sistem Pengendalian Intern Dalam Pengendalian Sarana Dan Prasarana. Jurnal Monex. Volume 09. Nomor 01 .

Nurbaiti. 2015. Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah. Jurnal Manajer Pendidikan. Volume 9. Nomor 4.

Oktarina, Rahmi. 2016. Evaluasi Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Menggunkan Model CCIP Di SMK Negeri 2 Payakkumbuh. Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen. Vol. 4. No. 2.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007

Rachmawati, Imami Nur. 2007. Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia. Vol. 11. No. 1.

Rosdiana, Fitriyani dan Soedarmo, Uung Runalan. 2019. Sisem Penjaminan Mutu dalam Mewujudkan Mutu sekolah Pada Sekolah Model dan Sekolah Imbas. IJEMAR: Indonesian journal of education

Downloads

Published

2022-03-06

How to Cite

Fitriani, M. E., Wulandari, D. ., Suparto, S., & Rodli, M. (2022). Manajemen Sarana dan Prasarana Melalui Pengadaan Gedung Keterampilan sebagai Upaya Meningkatkan Hard Skill Siswa di MAN 2 Mojokerto . Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.1.1-12

Issue

Section

Articles