Inovasi Layanan Pada Masa Pandemi Covid-19, Studi Kasus Manajemen Layanan di Perpustakaan UIN Sunan Ampel

Authors

  • Hary Supriyatno UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2021.3.2.44-52

Keywords:

Inovasi Layanan, Pandemi Covid-19

Abstract

Kajian ini membahas tentang inovasi layanan pada masa pandemi Covid-19 yang ada di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. Selama masa pandemi yang dimulai pada tanggal 17 Maret 2020 bisa dikatakan perpustakaan hanya memberikan layanan daring. Meski sempat memberikan layanan tatap muka, namun itu hanyalah berlaku untuk hari-hari tertentu sesuai dengan regulasi yang berlaku. Dengan ditiadakannya layanan tatap muka, maka perlu dilakukan inovasi baik dari segi layanan dan koleksi agar peran perpustakaan sebagai pusat sumber informasi tetap berjalan sebagaimana mestinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yakni melakukan kajian mendalam tentang fenomena yang terjadi di masyarakat disertai penyajian dengan menggunkan kata-kata agar mudah dipahami. Adapun hasil analisis pada data hasil observasi dan dokumentasi memberikan kesimpulan bahwa terdapat tujuh inovasi layanan yang diberikan oleh Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya selama masa Pandemi, yakni layanan bebas pinjam mandiri online, layanan jaminan, layanan paket, perpustakaan digital KUBUKU UINSA, Online Information Literacy The Series, Smart Room, dan bimbingan pemustaka online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarizi, Thafsin. 2021. 5 M Dimasa Pandemi Covid 19 Di Indonesia dalam http://www.padk.kemkes.go.id.
Hartono. 2016. Manajemen Perpustakaan Sekolah: Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
HS, Lasa. 2005. Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Gama Media.
Istiana, Purwani. 2014. Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
KBBI Daring Edisi V: Aplikasi luring resmi Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud Republik Indonesia.
Kusnandi. 2017. Model Inovasi Pendidikan dengan Strategi Implementasi Konsep Dare to be Different. (Jurnal Wahana Pendidikan Vol. 4 No. 1), hal. 132-144.
Nuraini, Tantiya Nimas Nuraini. 2021. Kronologi Munculnya Covid-19 di Indoneia hingga terbit Keppres Darurat Kesehatan dalam https://www.merdeka.com/
Nursastri, Sri Anindiati. 2021. Apa Itu Penyakit Zoonosis, Penyebab Rabies sampai Covid-19? Dalam https://www.kompas.com
Putu Laxman Pendit dalam Putut Suharto, Imaniar Putri Arifiyana, dan Mizati Dewi Wasdiana. 2020. Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 (AnuvaVol. 4 No. 2) hal. 271-286.
Resti, Novrina W. Resti. 2021. Memahami Istilah Endemi, Epidemi, dan Pandemi. Dalam https://itjen.kemdikbud.go.id
Suharti. 2020. LayananPerpustakan di Masa Pandemi Covid 19. (Buletin Perpustakaan UII Vol. 3 No. 2), hal. 53-64.
Sumartiningtyas, Holy Kartika Nurwigati. 8 Vaksin Covid-19 di Dunia dan Efikasinya Melindungi dari Virus Corona dalam https://www.kompas.com
Suwarno, Wiji. 2018. Perpustakaan dan Buku: Wacana Penulisan dan Penerbitan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Yusup, Pawit M. 2009. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta: Bumi Aksara.
https://corona.jakarta.go.id
https://www.instagram.com/perpustakaanuinsa
https://www.who.int

Downloads

Published

2021-09-15

How to Cite

Supriyatno, H. (2021). Inovasi Layanan Pada Masa Pandemi Covid-19, Studi Kasus Manajemen Layanan di Perpustakaan UIN Sunan Ampel. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 3(2), 46–54. https://doi.org/10.15642/japi.2021.3.2.44-52

Issue

Section

Articles