Pengelolaan Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTW) Berbasis Pesantren Dan Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Di MDTW Al Ma’aba dan MDTW Al-Khodijah Kecamatan Jatirejo Mojokerto

Authors

  • Rusdiana Rusdiana Rus

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.2.212-224

Keywords:

MDTW, Pengelolaan Santri, Mutu

Abstract

Pengelolaan santri merupakan suatu proses kegiatan dengan menggunakan sumber daya lembaga seperti santri guna tercapainya tujuan lembaga melalui fungsi manajemen. Adanya upaya pengelolaan santri yang optimal akan berpengaruh pada peningkatan mutu MDTW. Peningkatan mutu dapat menjadikan agenda utama yang harus dilakukan dan dicapai dalam suatu institusi pendidikan dikarenakan era zaman sekarang ialah era pertarungan mutu. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan memilih informan Kepala Ponpes, Kepala MDTW, Waka Kesantrian, Tenaga Pendidik dan Santri yang dianggap memiliki pengetahuan dan dapat memberikan informasi terkait permasalahan yang diteliti. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa: Observasi, Dokumentasi dan Wawancara secara mendalam terhadap informan. Data tersebut dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap lembaga di MDTW Al Ma’aba dan MDTW Al Khodijah melakukan pengelolaan santri secara optimal dengan melalui program kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler, adanya strategi peningkatan mutu, pola pengasuhan santri dan faktor pendukung maupun faktor penghambat dalam peningkatan mutu MDTW.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adendorff, Chris, Gaynor Appels, and Brink Botha. “Strategic Management: An Eastern Cape Construction SME Case Study.” Acta Structilia 18, no. 2 (2011): 40–63.

Dewi, Desilia Purnama, and Harjoyo. Manajemen Sumber Daya Manusia. Unpam Press. Revisi. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Gibbs, James P. “Demography Of Madrasah Diniyah Takmiiyah And Revitalizing The Institutional Function Of Islamic Education.” Of Islamic Education, no. 98210 (2006): 1–9.

Hakim, Lukman. “Quality Management of Madrasah Diniyah Takmiliyah in the Era of Regional Autonomy (Case Study in Tasikmalaya Regency).” Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2019): 101–116.

Hua, L I U, H O U Han, Michael Buckland, Tina Gross, Arlene G. Taylor, Michael Piotrowski, Cathrin Senn, et al. “Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional.” Records Management Journal 1, no. 2 (2003): 1–15. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.88.5042&rep=rep1&type=pdf%0Ahttps://www.ideals.illinois.edu/handle/2142/73673%0Ahttp://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-33646678859&partnerID=40&md5=3ee39b50a5df02627b70c1bdac4a60ba%0Ahtt.

Indonesia, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Republik. “Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah” (2014): 48.

Milles, Matthew B, and A Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 2007.

Muhaemin. “Problematika Madrasah Diniyah (Md) Di Kota Palopo Sulawesi Selatan Pasca Otonomi Daerah.” Inferensi 6, no. 2 (2012): 159.

Muhit, Abd. “Pengembangan Mutu Pembelajaran” (2017): 54.

Nisoh, A. “Manajemen Peningkatan Mutu Madrasah (Studi Komparasi Lembaga Pendidikan Di Indonesia Madrasah Pembangunan UIN Jakarta) Dan Thailand (Ma’had Al-Ulum Adiniyah Pohontanjong Ruso Narathiwat).” Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam Vol. 4, no. No. 2 (2019): 85–94.

Sugiyono, Dr. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Toyyib, Rahmat. “Peran Madrasah Diniyah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam: Studi Tentang Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid Paiton Probolinggo.” Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2017.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Rusdiana, Rusdiana. “Pengelolaan Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTW) Berbasis Pesantren Dan Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Di MDTW Al Ma’aba Dan MDTW Al-Khodijah Kecamatan Jatirejo Mojokerto”. Jurnal Kependidikan Islam 12, no. 2 (August 15, 2022): 212–224. Accessed April 26, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2113.

Issue

Section

Articles