Manajemen Pendidikan Islam di SD Islam Surya Buana Kota Malang

Authors

  • Nurmarinda Dewi Hartono UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Mayzeda Firdausi Nuzula UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.2.138-147

Keywords:

Lembaga Pendidikan, : Manajemen Sarana Dan Prasarana, Mutu Pembelajaran.

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang mengenai manajemen pendidikan Islam pada sebuah lembaga pendidikan Islam di tingkat Sekolah Dasar. Untuk mendeskripsikan data secara lebih mendalam, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi agar dapat mendeskripsikan data secara mendalam. Subjek dari penelitian ini adalah Sekolah Dasar Islam Surya Buana yang bertempat di Kota Malang. Peneliian ini memfokuskan pada tiga ruang lingkup manajemen pendidikan Islam, yaitu: manajemen kurikulum, manajemen sarana dan prasarana, dan manajemen keuangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan Islam di SD Islam Surya Buana dapat dikategorikan baik dan telah sesuai dengan karakteristik dan prinsip dari manajemen pendidikan  Islam. Berdasarkan hasil penelitian, kekurangan dan kendala yang ditemukan adalah pada manajemen keuangan sehingga berpengaruh terhadap manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang belum optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Abrasyi, Athiyyah. 1969. At-Tarbiyyah Al-Islamiyyah Wa Falsafatuha. Beirut: Dar-al-Fikr.

Echols, John M., dan Hasan Shadily. 2010. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Firdianti, Arinda. 2018. Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: Gre Publishing.

Jannah, Siti Raudhatul. 2013. “Karakteristik Dan Spektrum Manajemen Pendidikan Islam.” Al-Fikrah: Jurnal kependidikanIslam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 4.

Irjus, Indrawan. 2015. Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Khalik, A., and A.A. Musyaffa. 2021. Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer. Bandung: Oman Publishing.

Munir. 2021. “Tujuan Pendidikan Islam Menurut Para Ahli.” UPT Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan , Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. https://upttikp.dindik.jatimprov.go.id/web/index.php/berita/143-tujuan-pendidikan-islam-menurut-para-ahli#:~:text=Menurut al-Ghazali%2C tujuan pendidikan,jalan mendekatkan diri kepada Allah. diakses tanggal 25 Maret 2022.

Qomar, Mujamil. 2007. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

———. 2010. Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saefullah. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Sulfemi, Wahyu Bagja. 2018. Manajemen Kurikulum Di Sekolah. Bogor: Visi Nusantara Maju.

Sunaengsih, Cucun. 2017. Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Umar, and dkk. 2016. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Transformatif. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Hartono, Nurmarinda Dewi, and Mayzeda Firdausi Nuzula. “Manajemen Pendidikan Islam Di SD Islam Surya Buana Kota Malang”. Jurnal Kependidikan Islam 12, no. 2 (August 15, 2022): 138–147. Accessed October 2, 2022. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1793.

Issue

Section

Articles