Terapi Behaviour melalui Strategi Modeling Partisipan untuk Mengatasi Siswa yang tidak Berani Mengemukakan Pendapat di Kelas (Study kasus pada siswa ‘X’ di SMPN 1 Kokop Bangkalan)

Authors

  • Lilik Nofijantie UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Rukfatul Fitriah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2014.4.1.125-148

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana terapi behaviour melalui strategi modeling partisipan untuk mengatasi siswa yang tidak berani dalam mengemukakan pendapat dikelas (studi kasus siswa X di SMP Negeri 1 Kokop Bangkalan). Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan analisis domain. Pertama-tama mengumpulkan data melalui hasil observasi, interview, dokumentasi dan menganalisis. Menganalisis terapi behaviour melalui strategi modeling partisipan yang telah dilakukan konselor di SMP Negeri 1 Kokop Bangkalan. Dan bagaimanakah siswa yang tidak berani dalam mengemukakan pendapat dikelas. Kesimpulannya setelah proses terapi selesai dan di evaluasi oleh konselor siswa X ini mengalami perubahan, hal ini terlihat dalam aktivitasnya dikelas, dia sudah mulai berani dalam mengemukakan pendapat dikelas serta tidak merasa takut atapun malu untuk mengeluarkan ide-ide dan gagasannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-02-12

How to Cite

Nofijantie, Lilik, and Rukfatul Fitriah. “Terapi Behaviour Melalui Strategi Modeling Partisipan Untuk Mengatasi Siswa Yang Tidak Berani Mengemukakan Pendapat Di Kelas (Study Kasus Pada Siswa ‘X’ Di SMPN 1 Kokop Bangkalan)”. Jurnal Kependidikan Islam 4, no. 1 (February 12, 2014): 125–148. Accessed April 26, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1097.

Issue

Section

Articles