Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Implementasi Kurikulum Terpadu di Sekolah Menengah Atas Darul Ulum 2 Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Peterongan Jombang

Authors

  • Farihatus Sholihah IAIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2012.2.1.124-150

Keywords:

Mutu Pendidikan, Kurikulum Terpadu, RSBL

Abstract

Peningkatan mwtu pendidikan merupakan usaha untuk mengembangkan kemampuan, sikap yang berahlak di segala bidang. Agar peningtan mutu pendidikan tercapai, maka diperlukan adanya prinsip-prinsip sebagai berikut: berfokus pada customer, setiap anggota dari sekolah adalah pemasok (supplier) dan pengguna (customer), keterlibatan menyelurw/i, semua orang harui terlibat dalam transformasi mutu, adanya pengukuran, pendidikan sebagai sistem, perbaikan yang berkelanjutan hahwa tiap proses perlu diperbaiki dan penyempumaan. Tulisan ini merupakan basil penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan realitas mutu pendidikan di SMA Darul Ulum 2 BPPT RSBI Peterongan Jombang. Berdasarkan analisis data, selain mengintegrasikan ketiga kurikulum antara kurikulum pondok, fcurifculum nasiorml dan Curiculum Camhridge, dalam penerapannya juga menekankan hubungan antara dua atau lebih mata pelajaran dengan berdasarkan prinsip moral, sosial dan etika serta tanpa menghilangkan batas-batas setiap mata pelajaran. Sedangkan peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi kurikulum terpadu, yaitu dengan menerapkan sistem Droup Out (DO), training untuk guru dan pemberian reward pada siswa berprestasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-02-12

How to Cite

Sholihah, Farihatus. “Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Terpadu Di Sekolah Menengah Atas Darul Ulum 2 Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Peterongan Jombang”. Jurnal Kependidikan Islam 2, no. 1 (February 12, 2012): 124–150. Accessed April 26, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1058.

Issue

Section

Articles