Strategi Guru dalam Pemberian Motivasi ke Anak pada Masa Covid-19 di RA Al-Qodir Sidoarjo

Authors

  • Fiinaa Mujahidah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Yulinaeng Agharid UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2021.3.2.1-11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti strategi guru Kelompok Bermain (KB) TK Al-Qodir Sidoarjo dalam menghidupkan motivasi belajar siswa demi menjaga keberlangsungan pendidikan dalam kebijakan Study From Home (SFH) pada masa pandemi COVID-19. Peneliti menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu guru kelas serta siswa Kelompok Bermain (KB) di TK Al-Qodir Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk strategi guru untuk menghidupkan motivasi belajar siswa dalam kebijakan SFH di tengah wabah COVID-19 adalah dengan publikasi hasil kerja tugas siswa yang terbukti dapat menghidupkan motivasi belajar siswa. Hambatan yang ditemui guru yaitu berkenaan dengan aspek orang tua peserta didik, sarana pembelajaran, dan kreativitas guru. Manfaatnya berupa tumbuhnya motivasi belajar siswa, melatih kedisiplinan siswa, serta membantu meningkatkan kedekatan antara orangtua dan anak.
Kata Kunci: motivasi belajar; anak usia dini; covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-15

How to Cite

Mujahidah, F., & Agharid, Y. (2021). Strategi Guru dalam Pemberian Motivasi ke Anak pada Masa Covid-19 di RA Al-Qodir Sidoarjo. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 3(2), 1–11. https://doi.org/10.15642/japi.2021.3.2.1-11

Issue

Section

Articles