Strategi Guru dalam Pemberian Motivasi ke Anak pada Masa Covid-19 di RA Al-Qodir Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.15642/japi.2021.3.2.1-11Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti strategi guru Kelompok Bermain (KB) TK Al-Qodir Sidoarjo dalam menghidupkan motivasi belajar siswa demi menjaga keberlangsungan pendidikan dalam kebijakan Study From Home (SFH) pada masa pandemi COVID-19. Peneliti menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu guru kelas serta siswa Kelompok Bermain (KB) di TK Al-Qodir Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk strategi guru untuk menghidupkan motivasi belajar siswa dalam kebijakan SFH di tengah wabah COVID-19 adalah dengan publikasi hasil kerja tugas siswa yang terbukti dapat menghidupkan motivasi belajar siswa. Hambatan yang ditemui guru yaitu berkenaan dengan aspek orang tua peserta didik, sarana pembelajaran, dan kreativitas guru. Manfaatnya berupa tumbuhnya motivasi belajar siswa, melatih kedisiplinan siswa, serta membantu meningkatkan kedekatan antara orangtua dan anak.
Kata Kunci: motivasi belajar; anak usia dini; covid-19.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fiinaa Mujahidah, Yulinaeng Agharid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.