Pengelolaan Penataan Ruang Kantor terhadap Kenyamanan Bekerja Pegawai pada Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementrian Agama Kota Mojokerto
-
DOI:
https://doi.org/10.15642/japi.2020.2.1.32-49Keywords:
Tata Ruang Kantor, Kenyamanan Bekerja PegawaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan penataan ruang kantor terhadap kenyamanan bekerja pegawai Seksi Bimas Islam Kantor Kementrian Agama Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yakni Plt. Kasi Bimbingan Masyarakat Islam dan Pegawai Seksi Bimbingan Masyarakat Islam. Setelah dilakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengelolaaan penataan ruang kantor seksi bimas islam belum sepenuhnya efektif dan efisien untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. Terdapat berbagi kendala yang harus diatasi yaitu dengan penataan kembali ruang kantor bimas. Salah satu hal yang dapat membuat kenyamanan dalam bekerja adalah pengelolaan penataan ruang kantor yang baik. Apabila pengelolaan penataan ruang kantor sudah dilakukan dengan baik dan mememenuhi asas-asas penataan ruang kantor maka akan membuat pegawai menjadi nyaman dalam bekerja. Apabila pegawai telah merasa nyaman dalam melakukan pekerjaannya, maka akan mempercepat dalam penyelesaian pekerjaan, sehingga meningkatkan kinerja dari pegawai tersebut.
Downloads
References
Nuraida, Ida. 2014. Manajemen Administrasi Perkantoran. Depok: PT Kanisius
Oktavianti, Firda Noor. 2018. Analisis Tat Ruang Dalam Kenyamanan Kerja Dan Optimalisai Kinerja Bagian Humas Dan Protocol Secretariat DPRD Kota Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi, Volume 2 Nomor 3.
Rahmawati. 2014. Manajemen Perkantoran, Yogyakarta: Graha Ilmu 2014)
Rochman, Alfian Aulia. 2015. Tugas Akhir : Pengelolaan Tata Ruang Kantor Pada Sub Bagian Perencanaan Dan Keuangan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Website Resmi Pemerintah Kabupaten Buleleng, Pentingnya Kenyamanan Dalam Bekerja, Diakses Pada 16 Oktober 2020 Dari https://bulelengkab.go.id