Analisis Manajemen Keuangan Di Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Purwakarta

Authors

  • Alisah Yusniaini Alisah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alma Kharissmawati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.1.78-83

Keywords:

Madrasah, Planning, Implementation, Evaluation

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) Perencanaan keuangan di Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Purwakarta kampus 1. (2) Pelaksanaan keuangan di Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Purwakarta kampus 1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Perencanaan keuangan di Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Purwakarta kampus 1 melakukan dua kegiatan yaitu: memilih program dan identifikasi dan pengerahan sumber daya yang sudah ada. Sumber pemasukan keuangannya berasal dari SPP, Uang pembangunan, BOS, dan Donatur. (2) Pelaksanaan keuangan di Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Purwakarta kampus 1 terbagi atas proses pengelolaan pemasukan dan pengeluaran. Pemasukan berasal dari pendapatan rutin, sedangkan pengeluaran meliputi pengeluaran rutin dan pengeluaran non rutin. Pencatatan keuangan Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Purwakarta kampus 1  dicatat dalam beberapa buku, diantaranya: buku kas umum, daftar gaji/honorarium, dan buku iuran SPP. (3) Evaluasi keuangan di Madrasah Aliyah Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Purwakarta kampus 1 dibuat dalam bentuk laporan pertanggungjawaban yang diserahkan kepada pimpinan Yayasan. Evaluasi keuangan Boarding school dilakukan dengan diadakannya rapat masalah keuangan dengan kepala Madrasah, wakasek Madrasah, dan Pimpinan Yayasan setiap tiga bulan sekali. Pembukuan keuangan di Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Purwakarta kampus 1 belum sepenuhnya menggunakan komputerisasi, tetapi masih beberapa laporan yang ditulis dengan tangan. Laporan keuangan menunjukkan bahwa realisasi penggunaan sesuai dengan yang direncanakan atau yang  tertuang dalam rencana anggaran (RAPBM).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danim, S. (2007). Visi Baru Manajemen Sekolah ( DariUnit Birokrasi Ke Lembaga Akademik).Jakarta: Bumi Aksara.

Ginanjar. (2020). MANAJEMEN KEUANGAN PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KOTA PALANGKA RAYA.Skripsi.Fakuktas Tarbiyah Dan Keguruan. IAIN Palangka Raya.

Luneto, B. (2015). Manajemen Pembiayaan Pendidikan di Madrasah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.Vol. lNo. kHal.jl-ku.Gorontalo: IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Mulyono. (2009). Konsep Pembiayaan Pendidikan.Yogyakarta.Ar-Ruzz media.

Mulyono. (2010). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta.Ar-Ruzz media.

Nafisah, D., Widyanto, & Sakitri, W. (2017). MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH. Economic Education Analysis Journal.

Salamah, U. (2013). Study mengenai system pengelolaan keuangan sekolah di Pondok Pesantren Al-Kholidin terhadap penguatan Madrasah Aliyah Negeriajemen keuangan. Jakarta:Penelitian.

Santosa, J. (2018). PENGELOLAAN KEUANGAN BOARDING SCHOOL PUTRI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SURAKARTA.Naskah Publikasi. PROGRAM STUDI MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Downloads

Published

2022-03-06

How to Cite

Alisah, A. Y., & Kharissmawati, A. . (2022). Analisis Manajemen Keuangan Di Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Purwakarta. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(1), 78–83. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.1.78-83

Issue

Section

Articles