Penerapan Metode Demonstrasi pada Materi Perpindahan Panas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Pucangtelu Lamongan

Authors

  • Elmi Listyoningsih Universitas WR. Supratman Surabaya
  • Linda Febriani Universitas Terbuka Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/ijsl.v1i2.958

Keywords:

Hasil Belajar, Hubungan Makanan dan Kesehatan, Model Pembelajaran Penemuan (Example Non Example)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi perpindahan panas melalui metode demonstrasi di kelas IV SDN Pucangtelu. Penelitian ini merupakan Peneltian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II berturut- turut sebesar 55.5% ke 83,3%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi  pada materi perpindahan panas dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pucangtelu Lamongan.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Djamarah, S. B. & Zain, A.. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rachmawati, Y. (2010). Efektivitas Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Pada Materi Vertebrata Di Kelas RSBI SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Surabaya: UNESA.
Rachmawati, Y., Ma'arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Siregar, M. N. F., & Auliyah, A. (2020). Studi Eksplorasi Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi COVID-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal of Science Learning, 1(1), 32-36.
Sulistyorini, S. 2007. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Unnes: Tiara Wacana.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Listyoningsih, E., & Febriani, L. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi pada Materi Perpindahan Panas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Pucangtelu Lamongan. Indonesian Journal of Science Learning (IJSL), 1(2), 63–66. https://doi.org/10.15642/ijsl.v1i2.958

Issue

Section

Articles