Perbandingan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Selama Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Tatap Muka

Authors

  • Luthfianisa Ramadina UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Ahmad Lubab UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Jo Estu Nugrahenny SMP Negeri 3 Waru, Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15642/jrpm.2022.7.2.159-166

Keywords:

Face to Face Learning, Online Learning, Mathematics, Covid-19

Abstract

This research was conducted to find out whether there is a significant comparison to the mathematical learning outcomes of students of class VIII SMPN 3 Waru when doing face-to-face learning and online learning. The learning results used in this study are the PAS scores of class VIII learners in odd and even semesters of the 2019/2020 school year. The method used in this study was ex post facto correlation and used the Wilcoxon test with the help of the SPSS 25 software. Wilcoxon's statistical test results showed the 2-tailed Asymptotic Significance was worth 0,506. Because 0,506>0,05 then H_a rejected and H_0 accepted, it can be concluded that this study shows no significant difference in the mathematical learning outcomes of SMPN 3 Waru learners when doing face-to-face and online learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosian dan Budaya Syar-I, 7(5), 395-402. doi:10.15408/Sjsbs.V7i5.15314.

Anggrawan, A. (2019, Mei). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. Matrik: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 18(2), Hal. 339-346. doi:10.30812/Matrik.V18i2.411.

Efendy, A. (2021, Juni). Perbandingan Pembelajaran Matematika Secara Daring dan Pembelajaran Matematika Secara Luring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Guppi Pagar Alam. Ji-Mr: Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 47-56. doi:10.33365/Ji-Mr.V2i1.1070.

Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2020, Desember). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh Dan Terpadu. Jurnal Prisma, 9(2), 155-166. doi:10.35194/Jp.V9i2.1070.

Meliniawati, A., Djuwita, P., & Lukman. (2021). Perbedaan Hasil Belajar PPKn pada Pembelajaran Luring dan Daring Menggunakan Media Visual Kelas IV B SDN 60 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1).

Mendikbud. (2020, Maret 24). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Retrieved November 18, 2021, dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbudristek: https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/Surat-Edaran-Mendikbud-No-4-Tahun-2020-Tentang-Pelaksanaan-Kebijakan-Pendidikan-Dalam-Masa-Darurat-Penyebaran-Corona-Virus-Disease-Covid-1-9/

Nurfaidawati. (2021). Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima di Makassar. Pinisi Journal of Education, 1(2).

Nurhikmah, & Purnomo, G. J. (2021, Agustus). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Secara Online dan Offline di SMK at-Taqwa 05 Kebalen. Serambi Akademica: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 9(7), 1086-1099. doi:10.32672/Jsa.V9i7.3344.

Nurlatifah, Ahman, E., Machmud, A., & Sobandi, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online dan Tatap Muka. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 15-18. doi:10.33751/Pedagonal.V5i1.2893.

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49-59. doi:10.30870/Gpi.V1i2.9405.

Siahaan, M. (2020, Juli). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kalian Ilmiah, 1(1), Halaman 73-80. doi:10.31599/Jki.V1i1.265.

Widarto. (2013). Penelitian Ex Post Facto.Disampaikan pada Kegiatan Pelatihan Metodologi Pendidikan, 27-28 Juni 2013. Yogyakarta: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Zuhri, M., & Sofianto, A. (2021). Hambatan dan Solusi Pembelajaran Jarak Jauh pada Era Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6 (2), 173 - 186

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Ramadina, L., Lubab, A., & Nugrahenny, J. E. (2022). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Selama Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Tatap Muka. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(2), 159–166. https://doi.org/10.15642/jrpm.2022.7.2.159-166

Issue

Section

Articles