STRATEGI PEMBELAJARAN TIDAK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MI DALAM MATA PELAJARAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.15642/jies.v4i2.3088Keywords:
Indirect Learning, CreativityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran tidak langsung ini dapat meningkatkan kreativitas peserta didik dalam mata pelajaran ipa. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbasis pada referensi yang ada dibuku atau artikel artikel yang terkait dengan penerapan metode pembelajaran tidak langsung yang banyak diangkat menjadi judul artikel atau judul dari sebuah penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode membaca referensi yang terdapat pada jurnal atau buku buku yang terkait tanpa adanya observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran tidak langsunng dapat meningkatkan kreativitas siswa MI dalam mata pelajaran IPA dikarenakan majta pelajaran tersebut membutuhkan penjelasan yang cujup rinci dan diselingi dengan prakteknya yang bisa dikerjakan dengan berkelompok.
References
Amiruddin. (2019). Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif. Journal of Educational Science (JES), 5(1), 24–32.
Aqib, Z. (2013). Model-model media dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). In Bandung Yrama Widya.
Maulidia, E. P., & Hasibuan, R. (2021). Pengaruh Metode Total Physical Response (TPR) Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.
Program, M., Pendidikan, S. S.-, Busana, T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2017). Perbedaan Penerapan Antara Model Pembelajaran Langsung dan Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Kompetensi membuat Pola Celana Panjang (Slack) di SMK Negeri 3 Kediri. 06, 7–11.
Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Suciati, R., & Amirullah, G. (2017). Literasi Asesmen Ipa. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 110–118. https://doi.org/10.21009/jkkp.042.09
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Supriyadi. (2018). Pendidikan IPA SD (1st ed.). Graha Ilmu.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi Pembelajara. In Bumi Aksara.
Trismayanti, S. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Pendidikan Islam, 17(2), 7823–7830.
Hermayanti Sitti, S.Pd., M.Pd strategi pembelajaran (Surabaya,innofast publishing)2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal Of Islamic Elementary School (JIES)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.