Konstruksi Epistimologi Kurikulum Pendidikanbahasa Arab Perspektif Mahmud Kamil An-Naqoh

Authors

  • Syindi Oktaviani R Tolinggi Universitas lsam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.15642/alfazuna.v5i1.645

Keywords:

Kata Kunci: Epistimologi, Kurikulum, Bahasa Arab

Abstract

Didalam penyusunan kurikulum, haruslah memperhatikan landasan epistimologi dengan melihat beberapa gagasan pakar pendidikan bahasa Arab mengenai hal tersebut, di antaranya adalah gagasan Mahmud Kamil An-Naqoh. Artikel ini merupakan penelitian library research yang bertujuan untuk mengkaji tentang epistimologi kurikulum bahasa Arab perspektif Mahmud Kamil An-Naqoh. Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka. Hasil penelitian ini menemukan ada empat dasar yang menjadi landasan menyusunan kurikulum bahasa Arab perspektif Mahmud Kamil An-Naqoh, yaitu: (1) dasar linguistik/al-lughawiyyah, (2) dasar sosial-budaya/a?-?aq?fiyyah, (3) dasar psikologi/an-nafsiyyah, dan (4) dasar edukatif/at-tarbawiyyah. Akan tetapi dari ke empat pembagian tersebut, Mahmud Kamil An-Naqoh masih membaginya lagi menjadi lima bagian, yaitu: (1) pengalaman dan praktik bahasa/al-khibroh al-lughawiyah wa al-mum?rosah, (2) sifat bahasa Arab/?ob?`atu al-lughah al-`Arabiyah, (3) sosial budaya Arab/a?-?aq?fah al-`Arabiyah, (4) sifat pembelajar bahasa (peserta didik)/?ob?`atu al-muta`allimin lilughah, dan (5) sifat pengajaran bahasa Arab sebagai bahasa Asing/?ob?`atu `amaliyatu ta`lim al-`Arabiyah bi`itib?roh? lughah ajnabiyah. Sehingga dari dasar epistimologi tersebut terumuslah lima komponen kurikulum menurut Mahmud Kamil An-Naqoh, yaitu: (1) tujuan/al-ahd?f, (2) isi/materi/al-muhtaw?, (3) metode/a?-?uruqu, (4) panduan pengajar/guru bahasa Arab/dal?lu mu`allim al-lughah al-`Arabiyah, dan (5) evaluasi/at-taqw?m.

Kata Kunci: Epistimologi, Kurikulum, Bahasa Arab

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-22

How to Cite

R Tolinggi, S. O. (2020). Konstruksi Epistimologi Kurikulum Pendidikanbahasa Arab Perspektif Mahmud Kamil An-Naqoh. Jurnal Alfazuna : Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1), 67–91. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v5i1.645

Issue

Section

Articles