Peran Bi’ah Lughawiyyah dalam Meningkatkan Pemerolehan Bahasa Arab

Authors

  • RIZAL RIZQI Universitas Darul ‘Ulum Lamongan

Keywords:

Role, Bi'ah Lughawiyyah, Acquisition Arabic

Abstract

Bi'ah Lughawiyyah is Arabic language environment in which a person interacting with others using the Arabic language as a communication tool. Bi'ah Lughawiyyah is the main facility for students in acquiring first and second languages. The student's first language is the mother tongue derived from birth to adulthood while their second language is Arabic obtained through bi'ah lughawiyyah. Lughawiyyah Bi'ah is very important in realizing the speaking skills for everyday communication. With the Bi'ah Lughawiyah, the very spirit and happy students in obtaining Arabic because with Bi'ah Lughawiyyah they felt as if they were living in the Middle East region so that a spirit of dialogue by using Arabic is quite high even if they are shy do not speak Arabic. Bi'ah Lughawiyyah  can be obtained formally or informally on the level of education.role Bi'ah Lughawiyyah very effective in enhancing the Arabic language acquisition supported by strategies and media in line with expectations that can provide maximum results in the Arabic language acquisition.

 

Abstrak: Bi’ah Lughawiyyah adalah lingkungan bahasa Arab di   mana seseorang melakukan interaksi dengan orang lain menggunakan bahasa Arab sebagai alat komunikasinya. Bi’ah Lughawiyyah merupakan fasilitas utama bagi pelajar dalam memperoleh bahasa pertama dan kedua. Bahasa pertama pelajar adalah bahasa ibu yang diperoleh sejak lahir hingga dewasa sedangkan bahasa kedua mereka adalah bahasa Arab yang diperoleh melalui bi’ah lughawiyyah. Bi’ah Lughawiyyah ini sangat penting dalam mewujudkan keterampilan berbicara untuk komunikasi sehari-hari. Dengan adanya Bi’ah Lughawiyah, para pelajar sangat semangat dan senang dalam memperoleh bahasa Arab karena dengan adanya Bi’ah Lughawiyyah mereka merasakan bahwa seakan-akan mereka hidup di daerah Timur Tengah sehingga semangat untuk berdialog dengan menggunakan bahasa Arab sangat tinggi bahkan mereka malu jika tidak berbicara menggunakan bahasa Arab. Bi’ah Lughawiyyah ini dapat diperoleh secara formal maupun informal pada jenjang pendidikan tertentu. Peran Bi’ah Lughawiyyah sangat efektif dalam meningkatkan pemerolehan bahasa Arab dengan didukung oleh strategi dan media yang sesuai dengan harapan yang mampu memberikan hasil yang maksimal dalam pemerolehan bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

RIZAL RIZQI, Universitas Darul ‘Ulum Lamongan

 

Email:

References

Abdu al-Majid al-‘arabi, Salah, Ta’allum al-Lughat al-Hayyah wa Ta’limuha Baina al-Nazriyah wa al-Tatbiq, Bairut: Maktabah Libnan, Cet I, 1981.

Abdul Wahab, Muhbib, Penciptaan Bi’ah Lughawiyyah dan Pengembangan Keterampilan Bahasa Arab dalam Epistemologi & Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Jakarta: Lembaga Penelitian Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Cet. I, 2008.

Ali Al-Khuliy, Muhammad, Al-Hayah ma’a Lughataini, Riyadh: Jami’ah al-Malik Su’ud, 1988.

Azra, Azyumardi, Esei-esei intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina, Sosiolinguistik, Perkenalan awal, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Chaer, Abdul, Psikolinguistik Kajian Teoritik, Jakarta: PT Rineka Cipta, Cet. II 2009.

Fuad Efendy, Ahmad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2005.

Fuad Effendy, Ahmad, "Pendekatan Komunikatif untuk Menciptakan Lingkungan ‎Bahasa Arab (Bî'ah 'Arabiyyah) di Madrasah", Makalah disampaikan dalam ‎Pelatihan Bahasa Arab Bagi Guru Bahasa Arab di Madrasah, Jakarta, ‎Oktober 2004.‎

Husain al-Aziziy, Muhammad, Madkhal ila ilmil lughah, Kairo: Dar Ulum, 1991.

Krashen, S.D., Formal and Informal Linguistc Environments in Language ‎Acquisition and Language Learning, TESOL Quartely (10) June, 1976.‎

Marilyn, Friedman, M. Family Nursing : Theory and Practice, 3E. Debora Ina R.L Jakarta: EGC, (alih bahasa) 1998,

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Purwanto, Budi, Fisika SMA Jilid 3, Teori dan Implementasinya, Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.

Roqib, M. Bahasa Arab dalam Perspektif Gender, Malang: Jurnal Bahasa Arab dan Pengajarannya, 2004.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran, Sinar Baru Algensindo: Bandung, cet. X, 2011.

Sya'ban, Ahmad, Usus Ta'allum al-Lughah wa Ta'lîmuha, ‎‎Beirut: Dar al-Nahdlah al-'Arabiyyah, 1994.‎

Tarigan, Guntur, Psico Linguistik, Jakarta: Raja Grafindo, 2003.

Wahid Wafi, Abdul, Al Lughah wa Al Mujtama’, Kairo: Dar al-Nahdhat Mishr, ‎‎1971

Downloads

Published

2016-12-20

How to Cite

RIZQI, R. (2016). Peran Bi’ah Lughawiyyah dalam Meningkatkan Pemerolehan Bahasa Arab. Jurnal Alfazuna : Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1), 128–144. Retrieved from https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/alfazuna/article/view/1

Issue

Section

Articles