Eksistensi Kurikulum Pesantren sebagai Sub Sistem Pendidikan Nasional (Konteks Kasus Pondok Modern Gontor Ponorogo)
DOI:
https://doi.org/10.15642/jkpi.2023.13.1.30-43Keywords:
Kurikulum, Pesantren;, Pendidikan Nasional;Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi sebuah masalah tentang Kesistensi Kurikulum pesantren. Dan Pesantren adalah lembaga pendidikan yang berorientasi masa depan tentu memiliki tujuan, kurikulum, visi dan misi dalam usaha membentuk bangsa yang lebih beradab. Adapun tujuan yang dicanangkan oleh pesantren yaitu pendidikan yang sesuai dengan norma-norma agama Islam dan selalu bersifat tafaqquh fi ‘l-dîn. Perkembangan pesantren dari pesantren salaf (bandongan dan sorogan) sampai pesantren modern yang sangat pesat hingga saat ini tidaklah lepas dari adanya system pendidikan yang jelas dan kurikulum yang terencana dengan baik. Adapun metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang secara teknis pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi, setelah data terkumpul, kemudian data diolah dan disajikan. Hasil dari Penelitian ini adalah tujuan pendidikan mesti ditekankan pada tercapainya keseimbangan hidup yang bahagia dunia akhirat, sebagai pengganti tujuan pendidikan lembaga tradisional sebelumnya yang hanya mementingkan akhirat. Pembaharuan kurikulum pendidikan pesantren dengan standar 100% ilmu agama dan 100% ilmu umum Dalam arti, peantren tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama saja, tapi juga ilmu pengetahuan modern, dan yang didukung oleh kemampuan penguasaan bahasa Arab dan Inggris. Lokasi Tempat Penelitian ini di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo
Downloads
References
A.Steenbrink, Karen. Pesantren Madrasah Sekolah Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES, n.d.
Ainurrafiq. Pesantren Dan Pembaharuan: Arah Dan Implikasi”, Dalam Abuddin Nata, Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Islam Di Indonesia. Gramedia W. Jakarta, 2001.
Asrohah, Hanun. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Logos, 2001.
Bawani, Imam. Pedoman Dan Implementasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Departemen Agama Provinsi Jawa Timur, 2007.
———. Tradisionalisme Dalam Pendidikan Islam. Surabaya: al-Ikhlas, 1998.
Daulay, Haidar Putra. Sejarah Pertumbuhan Dan Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2009.
Dhofier, Zamaksyari. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES, 1983.
Djamas, Nurhayati. Dinamika Pendidikan Islam Di Indonesia Pascakemerdekaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.
Djauhari, Mohammad Tidjani. Masa Depan Pesantren; Agenda Yang Belum Terselesaikan. Jakarta: Taj Publishing, 2008.
Farhān, Ishāq Ahmad. Al-Tarbiyah Al-Islāmiyah Bayn Al-Asālah Wa Al-Ma’āsirah. Cet. II. Dār al-Furqān, 1983.
Haedari, Qodri A. Azizy dan Amin. Profil Pondok Pesantren Mu’adalah. Jakarta: Departemen Agama RI, 2004.
Idi, Abdullah. Pembangunan Kurikulum, Teori Dan Praktek. Cet. I. Jakarta: Gaya Media, 1999.
Karcher, Manfred Oepon Walfgang. Dinamika Pesantren. Jakarta: P3M, 1988.
Majid, Azyumardi Azra dalam pengantar buku karya Nurcholish. Bilik Bilik Pesantren; Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina & Dian Rakyat, n.d.
Majid, Nurcholish. Jejak Pemikiran Dari Pembaharu Sampai Guru. Cet. III. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Mulyadi, Iskandar Wiryokusumo dan Usman. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Edited by Bina Aksara. Jakarta, 1988.
Nasional, Departemen Pendidikan. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Nomor 20 Tahun 2003. Cet.II. Bandung: Fokusmedia, 2003.
Nasution, S. Kurikulum Dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 1955.
———. Pengembangan Kurikulum. Cet. IV. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 1991.
Nata, Abuddin. Tokoh-Tokoh Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
RI, Departemen Agama. Pedoman Pembinaan Pesantren. Jakarta: Dirjen Bimbingan Islam, 1985.
Subandi. Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia11, 2011.
Zarkasyi, Abdullah Syukri. Gontor Dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Zarkasyi, Imam. Pedoman Pendidikan Modern. Kursus Agama Islam, Ditulis Bersama Kakaknya, K.H. Zainuddin Fanani. Edited by Amir Hamzah Wiryosukarto, 1996.
“WASILAH (Waraqah Sanawiyah Li Akhir Al- Dirosah) TMI (Putra-Putri) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan.” In WASILAH, n.d.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 yusron maulana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.