Pemaknaan Kembali QS. Al-Hasyr :18 sebagai Tujuan Pendidikan Islam yang Adaptif dalam Menyongsong Generasi Khairu Ummah
DOI:
https://doi.org/10.15642/jkpi.2023.13.1.65-75Abstract
Q.S Al Hasyr : 18 adalah salah satu surat yang membahas tentang ketaqwaan kita kepada Allah serta perbuatan kita di masa lalu dan bagaimana kita memperbaikinya di masa yang akan datang, pemaknaan ayat ini bisa berlaku dalam segala bidang, khususnya di dalam dunia pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemaknaan kembali Q.S Al Hasyr : 18 tentang tujuan pendidikan Islam yang adaptif dalam rangka menyongsong generasi Khairu Ummah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan metode tematik (metode tafsir maudhui), hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya mayoritas beberapa mufassirin berpendapat di dalam Q.S Al Hasyr : 18 menerangkan tentang Konsep perencanaan, pengorganisasian, evaluasi dan tujuan di dalam dunia pendidikan. Selain itu juga menerangkan tentang bagaimana menjadi manusia yang bertaqwa dan bermuhasabah dari masa lalunya agar menjadi manusia yang Khairu Ummah.
Downloads
References
A. M.Saefuddin, Desekulerisasi Pemikiran, 1987
Ahmad Mustafa Al-Maraghi, Terjemah tafsir Al-Maraghi…,
Ahmad Rohani, Pendidikan Islam Menuju Generasi Khairu Ummah, Vol. XLIV No. 118 (Sultan Agung : UIN Sultan Agung),. 2009
Ali Shariati, Ummah dan Imamah: Suatu Tinjauan Sosiologis. Penerjemah: Afif Muhammad (Bandung: Pustaka Hidayah, 1995).
bnu Katsir, Terjemah Tafsir Ibnu Katsir…,.
Bukhari, B., et.al. Azas-azas Manajemen. Yogyakarta: Aditya Media. 2005
Fahmi, Asma Hasan. Mabadiut Tarbiyatil Islamiyah, 1979
Fitriani rahayu, Konsep Dasar Evaluasi Pendidikan Islam,. Vol. 13. No. 1,. (Jurnal Pendidikan dan Kajian: 2019).
Gaufar, Altaf. The Challenge of Islam. 1978
https://www.neliti.com/id/publications/321427/memahami-al-quran-dengan-metode-tafsir- maudhui#:~:text=Metode%20tafsir%20maudhu'i%20adalah,sebab%2Dsebab%20turunnya%2 C%20kemudian%20pemperhatikan (di akses pada tanggal 28 Desember 2022)
Ibnu Katsir, Terjemah Tafsir Ibnu Katsir..,
Ina Magdalena, Evaluasi Pembelajaran SD: Teori dan Praktik, (Sukabumi: CV Jejak. 2020),
Ishak Arep dan Hendri Tanjung, Manajemen Sumber Daya Manusia (Jakarta: Trisakti, 2002),
M.Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Muhammad Husain Thaba’thabai, Al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an, Juz.19, Muassasah al- A’lami li al-Mathbu’ah (Beirut-Libanon: Dar al-Fikr, 1974 M/1394 H),; Ibn ‘Adil al- Hambali, Al-Lubab fi ‘Ulum al-Kitab (Beirut-Libanon: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1998),; dan Wahbah al-Zuhaili, Al Tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj (Damaskus: Dar al-Fikr, 1998),
Nursapia Harahap, Penelitian Kepustakaan, Jurnal Iqra’ Volume 08 No.01 Mei, 2014.
Oemar Hamalik, Media Pendidikan, Bandung : Astra Aditya, 1994,
Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sa‟id Bin Musfir Al-Qahthani, Buku Putih Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani, Terj. Munirul Abidin, (Jakarta: Darul Falah. 2004),
Saefullah, U. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia. 2012
Sayyid Quthb, Fi Dhilal al-Qur’an, Juz. 28 (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Arabiyah, t.th.),
Shihab, M.Q. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati. 2002
Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta,2009.
Sutrisno Hadi, Metodologi Riset, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015).
Terry, George R, Guide to Management, Penj. J. Smith D.F.M (Jakarta: Bumi Aksara, 2006), Cet. VIII,
Tsuroya Kiswati, Al-Juwaini Peletak Dasar Teologi Rasional Dalam Islam, (Jakarta: Erlangga. 2005),
Wahbah al-Zuhaili, Al-Tafsir al-Munir,
Widjaya, A.W. Perencanaan Sebagai Fungsi Manajemen. Jakarta: Bina Aksara. 1987
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fathur Rahman Nawawi, Ahmad Yusam Thobroni, Abdillah Theofany Farozdaq3

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.