Pemaknaan Kembali QS. Al-Hasyr :18 sebagai Tujuan Pendidikan Islam yang Adaptif dalam Menyongsong Generasi Khairu Ummah

Authors

  • Fathur Rahman UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ahmad Yusam Thobroni UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Abdillah Theofany Farozdaq UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2023.13.1.65-75

Abstract

Q.S Al Hasyr : 18 adalah salah satu surat yang membahas tentang ketaqwaan kita kepada Allah serta perbuatan kita di masa lalu dan bagaimana kita memperbaikinya di masa yang akan datang, pemaknaan ayat ini bisa berlaku dalam segala bidang, khususnya di dalam dunia pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemaknaan kembali Q.S Al Hasyr : 18 tentang tujuan pendidikan Islam yang adaptif dalam rangka menyongsong generasi Khairu Ummah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan metode tematik (metode tafsir maudhui), hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya mayoritas beberapa mufassirin berpendapat di dalam Q.S Al Hasyr : 18 menerangkan tentang Konsep perencanaan, pengorganisasian, evaluasi dan tujuan di dalam dunia pendidikan. Selain itu juga menerangkan tentang bagaimana menjadi manusia yang bertaqwa dan bermuhasabah dari masa lalunya agar menjadi manusia yang Khairu Ummah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. M.Saefuddin, Desekulerisasi Pemikiran, 1987

Ahmad Mustafa Al-Maraghi, Terjemah tafsir Al-Maraghi…,

Ahmad Rohani, Pendidikan Islam Menuju Generasi Khairu Ummah, Vol. XLIV No. 118 (Sultan Agung : UIN Sultan Agung),. 2009

Ali Shariati, Ummah dan Imamah: Suatu Tinjauan Sosiologis. Penerjemah: Afif Muhammad (Bandung: Pustaka Hidayah, 1995).

bnu Katsir, Terjemah Tafsir Ibnu Katsir…,.

Bukhari, B., et.al. Azas-azas Manajemen. Yogyakarta: Aditya Media. 2005

Fahmi, Asma Hasan. Mabadiut Tarbiyatil Islamiyah, 1979

Fitriani rahayu, Konsep Dasar Evaluasi Pendidikan Islam,. Vol. 13. No. 1,. (Jurnal Pendidikan dan Kajian: 2019).

Gaufar, Altaf. The Challenge of Islam. 1978

https://www.neliti.com/id/publications/321427/memahami-al-quran-dengan-metode-tafsir- maudhui#:~:text=Metode%20tafsir%20maudhu'i%20adalah,sebab%2Dsebab%20turunnya%2 C%20kemudian%20pemperhatikan (di akses pada tanggal 28 Desember 2022)

Ibnu Katsir, Terjemah Tafsir Ibnu Katsir..,

Ina Magdalena, Evaluasi Pembelajaran SD: Teori dan Praktik, (Sukabumi: CV Jejak. 2020),

Ishak Arep dan Hendri Tanjung, Manajemen Sumber Daya Manusia (Jakarta: Trisakti, 2002),

M.Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Muhammad Husain Thaba’thabai, Al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an, Juz.19, Muassasah al- A’lami li al-Mathbu’ah (Beirut-Libanon: Dar al-Fikr, 1974 M/1394 H),; Ibn ‘Adil al- Hambali, Al-Lubab fi ‘Ulum al-Kitab (Beirut-Libanon: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1998),; dan Wahbah al-Zuhaili, Al Tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj (Damaskus: Dar al-Fikr, 1998),

Nursapia Harahap, Penelitian Kepustakaan, Jurnal Iqra’ Volume 08 No.01 Mei, 2014.

Oemar Hamalik, Media Pendidikan, Bandung : Astra Aditya, 1994,

Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sa‟id Bin Musfir Al-Qahthani, Buku Putih Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani, Terj. Munirul Abidin, (Jakarta: Darul Falah. 2004),

Saefullah, U. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia. 2012

Sayyid Quthb, Fi Dhilal al-Qur’an, Juz. 28 (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Arabiyah, t.th.),

Shihab, M.Q. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati. 2002

Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta,2009.

Sutrisno Hadi, Metodologi Riset, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015).

Terry, George R, Guide to Management, Penj. J. Smith D.F.M (Jakarta: Bumi Aksara, 2006), Cet. VIII,

Tsuroya Kiswati, Al-Juwaini Peletak Dasar Teologi Rasional Dalam Islam, (Jakarta: Erlangga. 2005),

Wahbah al-Zuhaili, Al-Tafsir al-Munir,

Widjaya, A.W. Perencanaan Sebagai Fungsi Manajemen. Jakarta: Bina Aksara. 1987

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Fathur Rahman, Ahmad Yusam Thobroni, and Abdillah Theofany Farozdaq. “Pemaknaan Kembali QS. Al-Hasyr :18 Sebagai Tujuan Pendidikan Islam Yang Adaptif Dalam Menyongsong Generasi Khairu Ummah”. Jurnal Kependidikan Islam 13, no. 1 (February 15, 2023): 65–75. Accessed March 29, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2403.

Issue

Section

Articles