Peningkatan Pemahaman Satuan Pendidikan dalam Pengisian IASP melalui Sosialisasi BAN S/M Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.15642/jkpi.2023.13.1.84-97Keywords:
Pengisian IASP, Sosialisasi, BAN S/MAbstract
Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 (IASP-2020) merubah pola evaluasi akreditasi yang awalnya berbasis
administrasi menjadi berbasis kinerja. IASP 2020 berfokus pada pengukuran Mutu Lulusan, Proses Pembelajaran,Mutu Guru, dan Komponen Manajemen Sekolah/Madrasah. Sosialisasi IASP diperlukan untuk dapat memberikan pemahaman kepada warga sekolah tentang materi atau substansi yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan akreditasi yang menggunakan IASP 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan sosialisasi IASP-2020 oleh BAN S/M Jawa Timur. Sosialisasi Instrumen akreditasi ini yang telah dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dengan tema yaitu “Reformasi Sistem Akreditasi, Tingkatkan Mutu Pendidikan”. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, studi literatur, dengan penggalian datanya menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diharapkan oleh BAN S/M setelah dilakukannya kegiatan sosialisasi IASP-2020 yaitu semua pihak satuan Pendidikan dapat memahami bagaimana pengisian instrument akreditasi satuan Pendidikan.
Downloads
References
Akreditasi, Instrumen. Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020, 2020.
Asep, Kurniawan. “Buku Metodologi-Min.Pdf,” 2018. http://repository.syekhnurjati.ac.id/3334/.
Dominic Montagu. “ACCREDITATION AND OTHER EXTERNAL ASSESSMENT SYSTEMS FOR HEALTHCARE Review of Experience and Lessons Learned Dominic Montagu.” Health Systems Resource Centre 44, no. 0 (2003).
Hasanah, E, S Sukirman, P Priyambodo, and ... “Pelatihan Penjaminan Mutu Lulusan Menggunakan IASP 2020 Di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.” JAPI (Jurnal Akses … 6 (2021): 193–200.
Hasyim Asy’ari, Zahrotul Munawwaroh, and Ulul Azmi. “Analisis Pelaksanaan Akreditasi Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Pembangunan UIN Jakarta.” Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan) 5, no. 2 (2021): 143–162.
Hijrah, M, B Susetyo, and B Sartono. “Structural Equation Modeling of National Standard Education of Vocational High School Using Partial Least Square Path Modeling.” … Journal of Scientific Research in … 4, no. 4 (2018): 1418–1422. https://www.academia.edu/download/57034714/4577.pdf.
Kemendikbudristek. “Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 209 Tahun 2021 Tentang Kriteria Dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar Dan Menengah,” no. 021 (2021): 1–110.
Madrasah, Sekolah. Pedoman_Akreditasi_Sm_2020_06_02, 2020.
Malik, Abdul, Amat Nyoto, Arismunandar, Budi Susetyo, Capri Anjaya, Marjuki, Maskuri, et al. POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah 2022, 2022.
Mendikbud RI. “Permendikbud RI No. 13 Tahun 2018 Tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Nonformal” (2018): 21.
Nasional, Badan Akreditasi, Sekolah Madrasah, Satuan Pendidikan, and Kerja Sama. “Akreditasi Bermutu Untuk Pendidikan Bermutu INSTRUMEN AKREDITASI” (2019).
Surapranata, Sumarna, and Mohammad Nur. “Modul Contoh IASP2020” (2020): 15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Fauzi, Windhi Candra, Rista Dwi Jayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.