Pola Manajemen Kepala Sekolah SMA Kharisma Bangsa dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.15642/jkpi.2023.13.1.11-19Abstract
Peningkatan kinerja guru menjadi pilar utama dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pola atau bentuk manajemen kelapa sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan mutu Pendidikan. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pola manajemen Kepala Sekolah SMA Kharisma Bangsa dalam meningkatkan kinerja guru dan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah dan Tim Manajemen Kharisma Bangsa. Teknik analisis data dalam penelitian ini reduksi data dan tringulasi sumber. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu Pola manajemen yang diterapkan oleh Kepala Sekolah SMA Kharisma Bangsa adalah perpaduan pendekatan manajemen buttom up dan top down. Secara umum manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan mutu pendidikan sangat baik, hal tersebut tampak pada fungsi-fungsi manajemen yang telah diterapkan oleh kepala sekolah selaku pimpinan lembaga.
Keyword: Pola Manajemen, Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Mutu Pendidikan
Downloads
References
Agustin, R. “Pengaruh Supervisi Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru.” Universitas
PGRI, 2015.
Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Sukabumi: CV Jejak, 2018.
Burhanuddin. Supervisi Pendidikan Dan Pengajaran. Malang: Malang: Fakultas Ilmu Pendididkan
Universitas Negeri Malang., 2007
Herlina. “Jurnal Kependidikan Islam” x (2009).
Moleong, J Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Muhaimin. Manajemen Pendidkan Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah.
Jakarta: Kencana., 2017.
Muhammad, Syuaiban. “Kepemimpinan Dalam Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.” Jurnal
Ilmiah Widya 2, no. 3 (2014): 56–67.
http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_123057656607.pdf.
Mulyasa, E. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
———. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Cet Ke-10. Bandung: Remaja Rosdakarya. Cet ke-10. Bandung:
Remaja Rosdakarya., 2009.
Nawawi, Hadari. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Toko Gunung Agung, 2008.
Rohiat. Manajemen Sekolah Teori Dasar Dan Praktik. Bandung: Bandung: PT Refika Aditama., 2010.
Salwa, M Kristiawan, and B Lian. “The Effect of Academic Qualification, Work Experience and Work
Motivation towards Primary School Principal Performance.” International Journal of Scientific &
Technology Research 8, no. 8 (2019).
Sumarno. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja
Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.” Semarang: Tesis
Universitas Negeri Semarang., 2009.
Usman, Husaini. Manajemen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Warsiyah. “Manajemen Mutu Dalam Pengembangan Kompetensi Guru.” Wahana Akademika: Jurnal
Studi Islam dan Sosial (2016): 77–98.
Wibowo, Agus. Manager Dan Leader Sekolah Masa Depan Profil Kepala Sekolah Profesional Dan Berkarakter.
Yogyakarta: Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007. Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
Jakarta: BNSP, 2007.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Riduwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.