Penerapan Six Sigma dalam Mengatasi Hambatan Proses Pendidikan di Sekolah Dasar Luqman Al Hakim Surabaya

Authors

  • Alifa Rifdatus Sofwani UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.1-19

Keywords:

Implementasi Six Sigma, Six Sigma, SD Luqman Al Hakim Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi six sigma di SD Luqman Al Hakim Surabaya. Subjek penelitian ini ialah Kepala Sekolah, Tata Usaha, Guru dan Karyawan, serta Wali Siswa dan Siswa. Objek penelitian merupakan bentuk penerapan six sigma dalam proses pendidikan di SD Luqman Al Hakim Surabaya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan berupa (1) Implementasi six sigma didasarkan relevansi dan hasil assesment perihal kecocokan sistem yang akan diterapkan dengan kondisi di sekolah. (2) Implementasi six sigma sendiri di SD Luqman Al Hakim Surabaya berkisar dalam jangka waktu tiga bulan atau enam bulan, dengan penerapan enam langkah prinsip six sigma. (3) Dampak yang dihasilkan dari six sigma berupa resistensi pada penerapan kebijakan dan keputusan menjadi lebih terarah, memberi peringatan dini tentang masalah yang muncul, mengontrol pembiayaan pendidikan menjadi lebih efisien, menjaga kedisiplinan stakeholder pendidikan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah Aziz “Peningkatan Mutu Pendidikan” Jurnal Studi Islam 2, Vol. 10: 1-13
Andrea D. Ellinger, R. M. (2016, July-September). Qualitative Case Study Research as Empirical Inquiry. International Journal of Adult Vocational Education and Technology, 7(3).
Daniel Bloom, The Excellent Education System Using Six Sigma To Transform Schools (Boca Raton: CRC Press, 2018).
Edward Sallis, Total Quality in Education (Third Edition ed.). (London: Stylus Publishing Inc, 2002).
Hanun Asrohah, Manajemen Mutu Pendidikan (Surabaya: IAIN SA Press, 2015).
L. H. Pete Pande, What Is Six Sigma: Berpikir Cepat Six Sigma. (Yogakarta: Andi, 2005).
L. M. Louis Cohen, Research Methods in Education. (New York: Routledge, 2018).
Leslie Gardner “Is it Time for Six Sigma in Education?” The Global Voice of Education Primary and Secondary Education Brief, Vol. 5, No. 4 (May 2012).
M. L. Daniel K. Blackwell, Lean Six Sigma on The Age of Artificial Intelligence. (New York: McGraw-Hill Education, 2019).
N. H. Hardani, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020).
Rahma Utari, W. W. (2017). Perbaikan Manajemen Sekolaj Melalui Teknik Lean Six Sigma. Jurnal Manajemen Pendidikan Berkarakter, 127-138.
Sonny Koeswara, H. R. (2013). Implementasi Six Sigma Untuk Peningkatan Kualitas Sandal Di CV. Sancu Creative Indonesia. Sinergi, 17(3), 274-280. doi:10.22441/sinergi
Suryana, Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. (Depok: Universitas Indonesia, 2010).
The Council for Six Sigma Certification. Six Sigma: A Completed Step by Step Guide. (Buffalo: CSSC, 2018).
V. Gaspersz, Pedoman Implementasi program Six Sigma: Terintegrasi Dengan ISO 9001:2000, MBNQA, DAN HACCP. (Surabaya: Gramedia, 2002).

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Sofwani, Alifa Rifdatus. “Penerapan Six Sigma Dalam Mengatasi Hambatan Proses Pendidikan Di Sekolah Dasar Luqman Al Hakim Surabaya”. Jurnal Kependidikan Islam 12, no. 1 (February 21, 2022): 1–19. Accessed March 28, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1304.

Issue

Section

Articles