Penyelenggaraan Manajemen Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik (Studi Kasus di SMAN 11 Yogyakarta)
DOI:
https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.1.14-34Keywords:
Sistem Penjaminan Mutu, Audit Mutu Internal dan Eksternal, Kepercayaan PublikAbstract
Tercapainya pendidikan yang unggul tergantung pada sekolah yang memenuhi standar tertentu agar dapat terus beroperasi sebagai lembaga pendidikan. Dalam upaya membangun sekolah unggul, sekolah telah menerapkan sistem penjaminan mutu. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana SMA Negeri 11 Yogyakarta mengelola sistem penjaminan mutunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran dan analisis pengelolaan Sistem penjaminan mutu di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Penulis mengunjungi beberapa situs di SMA Negeri 11 Yogyakarta untuk mewawancarai responden yang sesuai dengan kriteria narasumber guna mengumpulkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan. Pengamatan, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem manajemen penjaminan mutu SMA Negeri 11 berada pada kategori cukup. Dalam hal ini, kita dapat membedakan antara dua jenis sistem penjaminan mutu internal dan eksternal. Menurut kelemahannya, kepemimpinan, sumber daya manusia, dan infrastruktur semua pendukung mendukung dalam administrasi dan pelaksanaan sistem penjaminan mutu di SMA N 11 Yogyakarta.
Downloads
References
Buku dan Artikel
Agusnila, T. (2021). Sistem Penjaminan Mutu Internal Di SMA Negeri 1 Kemangkon Purbalingga (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia)).
Darmaji, D., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Internal Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 3(3), 130-136.
Kurniasari, D. (2021). Kebijakan Pemerintah dalam Penjaminan Mutu Pendidikan. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1-14.
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya.
Sumber Internet
Ayunita, D dan Hapsari TD. 2012. Analisis persepsi dan partisipasi masyarakat pesisir pada pengelolaan KKLD Ujungnegoro Kabupaten Batang. SEPA [Internet]. [diunduh 2022 Desember, 28]; 9(1):117–124. Tersedia pada: http://agribisnis.fp. uns.ac.id/wp-content/uploads/2013/03/ANALISISPERSEPSI-DAN-PARTISIPASI-MASYARAKAT-PESI SIR.pdf.
Hintsanen, V., Luukka, M.R., Lounasmeri, T., Majander, M., Renvall, J., Holopainen, H. and Hiltunen, K. (2010), “Audit of the quality assurance system of Turku University of Applied 526 TQM 24,6 Sciences”, Kourkeakoulujen arviointineuvoston julkaisuja 2:2010, Tammerprint, Tampere, available at: www.kka.fi/files/982/KKA_0210.pdf (accessed 17 May 2011).
Wawancara
Ani, Guru Geografis, wawancara pada tanggal 16 Desember 2022.
Rusdi, Waka Humas, wawancara pada tanggal 15 Desember 2022.
Suhirno, Kepala Sekolah, wawancara pada tanggal 16 Desember 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aiz Affwa Fawwaiz, M. Naufal Daffa Ulhaq, Devi Permatasari, Ahmad Kamal Assidiqi, Kevin Alfido, Daffa Alif Umar Himawan; Nora Saiva Jannana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.