Implementasi Blended Learning dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pembelajaran dan Prestasi Akademik Siswa di SMA Khadijah Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.1.68-82Keywords:
blended learning implemented, learning service, academic achievmentAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari inovasi dalam dunia pendidikan yang terus dilakukan dengan menyesuaikan perkembangan zaman sebagai upaya memberikan layanan terbaik dan pembelajaran yang lebih efektif bagi siswa. Pada era new normal pandemi covid-19 SMA Khadijah menerapkan Blended Learning, dengan memadukan pembelajaran tatap muka dan memanfaatkan teknologi dalam penyampaian materi, tugas dan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai 1)implementasi Blended Learning di SMA Khadijah Surabaya, 2)kualitas layanan pembelajaran di SMA Khadijah Surabaya, 3)pretasi akademik siswa di SMA Khadijah Surabaya, 4) implementasi Blended Learning dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran dan prestasi akademik siswa di SMA Khadijah Surabaya. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1)implementasi Blended Learning di SMA Khadijah bertujuan untuk mempermudah kegiatan pembelajaran. 2)Layanan pembelajaran yang diberikan di SMA Khadijah memberikan gadget di awal masuk sekolah, memberikan pembinaan OSN, sertifikasi Cambridge, ICAS, UTBK, SBMPTN 3)Upaya yang dilakukan SMA Khadijah dalam meningkatkan prestasi akademik yaitu melakukan pembinaaan pada setiap rogram yang selalu dikuti antara lain ada sertifikasi Cambridge, OSN, ICAS. 4)Implementasi Blended Learning dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran dan prestasi akademik siswa di SMA Khadijah Surabaya memberikan banyak manfaat.
Kata kunci: Implementasi Blended Learning, Layanan pembelajaran, Prestasi akademik.
Downloads
References
Abdullah, Walib. “Model Blended Learning Dalam Meningkatkan.” Ejournal.Kopertais4 7, no. 1 (2018):855–866. ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/download/3 169/2359/.
D., Nasir Sulisworo, and Maryani. “Identification of Teacher’s Problems in Indonesia on Facing Global Community.” International Journal of Research Studies in Education 6, no. 2 (2018): 15.
Díez, F., A. Villa, A. L. López, and I. Iraurgi. “Impact of Quality Management Systems in the Performance of Educational Centers: Educational Policies and Management Processes.” Heliyon 6, no. 4 (2020).
Dita Yessi Amalia, J. Julia. “Transisi Pendidikan Era New Normal: Analisis Penerapan Blended Learning Di Sekolah Dasar.” Jurnal basicedu 6, no. 2 (2022): 1618–1628.
Edward Sallis. Total QualityManagement in Education. Edited by Ahmad Ali Riyadi and Fahrurrozi. Yogyakarta: IRCiSoD, 2015.
Fathullah, Said Ahmad Zulfi. “Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Socius 9, no. 1
(2020): 61.
Kemendikbud. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2018 Tentang Standar Teknis Pelayanan Minimal Pendidikan” (2018): 1–43.
Kurniawan, Fajar Indra. “Implementasi Learning Manajement System Dalam Mengelola Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Pada Kurikulum Sistem Kredit Semester (SKS) Di SMA Negeri Mojoagung.” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 2, no. 2 (2018): 84.
Loryana, Dita, Mohammad Syahidul Haq, Manajemen Pendidikan, and Universitas Negeri Surabaya. “Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Sekolah Di Masa Pandemi Covid-19” (2022).
Mutohar, Prim Masrokan. Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Meningkatkan Mutu Dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Nurhadi, Nunung. “Blended Learning Dan Aplikasinya Di Era New Normal Pandemi Covid-19.” Agriekstensia 19, no. 2 (2020): 121–128.
Retnowati, Devi Ratih, Ach. Fatchan, and Komang Astina. “Prestasi Akademik Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang.” Jurnal Pendidikan 1, no. 3 (2016): 521–525.
S. NKATA, ANOLD, and MUSSA A. DIDA. “Centralized Education Management Information System for Tracking Student’s Academic Progress in Tanzanian Secondary Schools.” International Journal of Modern Education and Computer Science 11, no. 10 (2019): 25–32.
Sudjiani, Eni, Subarto, and Gatot Kusjono. “Pengaruh Citra Dan Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Siswa Di Sekolah.” Jurnal Ilmiah Feasible Volume 1, no. 2 (2019): 123–137.
Tjiptono, Fandy, and Gregorius. Chandra. “Service, Quality & Satisfaction Dalam Layanan Pendidikan. Kajian Teoritis.” Edisi 4 (2011): 506.
Tyas, Devi Marganing. “Keterlibatan Orangtua Dalam Pencapaian Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar.” Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta (2020).
Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Widiara, I Ketut. “Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital.” Purwadita 2, no. 2
(2018): 50–56.
Wihartin, Kiki. “Analisis Manfaat Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran.” In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 1001, 2019.
Wijaya, David. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Media Pengetahuan, 2017.
Wijaya, Widia Murni, and Decky Risdiansyah. “Dampak Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Pada Kegiatan Akademik Di Sekolah The Impact of the Implementation of Education Management Information Systems on Academic Activities in Schools.” Jurnal Penelitian Pendidikan 20, no. 1 (2020): 129–135.
“Kemendikbudristek Kembali Dorong Pelaksanaan PTM Terbatas Ikuti Ketentuan SKB Empat Menteri Terakhir Disunting.” Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Last modified 2022. https://www.kemdikbud.go.id/main/ blog/2022/03/kemendikbudristek- kembali-dorong-pelaksanaan-ptm- terbatas-ikuti-ketentuan-skb-empat- menteri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nirma Amila, Samsul Ma'arif, Muhammad Nuril Huda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.