Analisis Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Kearsipann Terhadap Kinerja Arsiparis Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Jannatul Nisfiyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Lilik Hurriyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nur Fitriatin UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.2.213-225

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan khususnya Diklat Teknis dan Fungsional kearsipan, Kinerja Pegawai Kearsipan atau Arsiparis, serta pengaruh Pendidikan dan pelatihan kearsipan terhadap kinerja arsiparis di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo. Peneliti melengkapi penelitian ini dengan berbagai teori yang sesuai dengan variabel guna memperkuat penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling menggunakan Non - probability sampling dengan teknik Purposive or Judgment Sampling. Merupakan teknik pengambilan data atau sampel sehingga semua data kemungkinan terpilih sebagai sampel tidak sama besar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil presentase ideal Pendidikan dan pelatihan kearsipan memperoleh nilai sebesar 80,83%. Serta hasil presentase ideal kinerja arsiparis memperoleh nilai sebesar 83,12%. menunjukkan taraf signifikasi sebesar 0.000 < 0.05 dan R square sebesar 77,4%. Serta nilai persamaan yang menunjukkan nilai positif sehingga dapat diartikan bahwa Diklat kearsipan telah sering diberikan sehingga kinerja arsiparis meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnawi, A. & Melan. (2019). Kinerja Karyawan. Athara Samudra.

Burhanudin, D. R. (2009). Arsip, Arsiparis, dan Arti Penting, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DIY (hlm. 7). http://dpad.jogjaprov.go.id/article/archive/download/arsip-arsiparis-dan-arti-penting-34,

Fauzi, A. A. (2014). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivita Kerja Guru dengan Komitmen Organisasi Sebagai MODERATING (Vol. 1, Nomor 2).

Hariwijaya, M. (2017). Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Untuk Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora. Elmatera Publisher.

Hasan, A. & Nurhayati. (2018). Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Pustakawan. Jurnal Libria, 10(1).

Hidayat, R. (2018). Education and Job Training on Employeed Performance. International Journal of Social and Humanities, 2(2).

Laksmi, F. B., & Justin, T. (2019). Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Arsiparis di Arsip Sitrait. Grasindo.

Nasional Republik Indonesia (ANRI). Jurnal Pengembangan Kearsipan Vol.12 No.1. (t.t.).

Nuraini, T. N. N. (2021). Kronologi Munculnya Covid-19 di Indoneia hingga terbit Keppres Darurat Kesehatan. https://www.merdeka.com/

Pratono, A. H. (2018). From social network to firm performance. Management Research Review, 41(6), 680–700. https://doi.org/10.1108/MRR-03-2017-0080

Safitri, E. & Diani. (2019). Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan dalam Meningkatkan Kinerja Arsiparis di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Undip.

Sinambela, P. & Lijan. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suharto, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, M. D. (2020). Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Anuva, 4(2), 271–286.

Wawancara dengan Seksi Pembinaan dan Permasyarakatan Kearsipan pada tanggal 27 Desember 2021. (t.t.). [Komunikasi pribadi].

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Jannatul Nisfiyah, Lilik Hurriyah, & Nur Fitriatin. (2022). Analisis Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Kearsipann Terhadap Kinerja Arsiparis Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo . Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(2), 213–225. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.2.213-225

Issue

Section

Articles