Pengelolaan Ketidakhadiran Siswa Berbasis Aplikasi di SMK 1 Muhammadiyah Sangatta
DOI:
https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.2.190-200Keywords:
Absensi, Faktor, Usaha Siswa dan BKAbstract
Latar belakang penulisan jurnal ini adalah masalah absensi dan absensi mahasiswa selama masa pandemi COVID-19. Faktor penyebabnya juga sangat beragam. Oleh karena itu, jurnal ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya pengelolaan siswa dalam meningkatkan kehadiran di SMK 1 Muhammadiyah Sangatta. Dalam penulisan jurnal ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan alat analisisnya adalah dengan menggunakan pemadatan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen siswa tertuang dalam rencana korektif melalui langkah-langkah yang diterapkan pada siswa bermasalah. Organisasi tersebut dilaksanakan atas kerjasama antara guru BK, siswa, dan wali kelas. Siswa sering menjumpai implementasi melalui sosialisasi dengan berbagai media atau cara yang benar. Pengawasan dilakukan dengan dua cara oleh kepala sekolah yaitu observasi lapangan dan penerimaan laporan mingguan dan bulanan dari wali kelas, BK, serta dari siswa senior. Berdasarkan paparan di atas, peran personel sekolah dalam meningkatkan kehadiran siswa di SMKN 1 Muhammadiyah Sangatta terutama dapat dikategorikan "80%" tingkat kehadiran selama pandemi COVID-19 bukan merupakan indikator penilaian wajib untuk saat ini. Penelitian ini dapat direkomendasikan kepada personil sekolah untuk lebih memperhatikan dan memantau kehadiran siswa, agar siswa lebih rajin menghadiri pertemuan baik online maupun offline di sekolah
Downloads
References
Anggito, A. J. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Asrul, & Afil, M. (2020). Dampak pembelajaran online terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kendari, 1–15.
Damayanti, A. A., Maryam, S., Septiani, R., Nabila, T. K., Sadad, R., & Dewi, A. A. (2022). Pengelolaan Pembinaan Kedisiplinan Peserta Didik di SMK 1 Muhammadiyah Sangatta Utara. INOVASI, 1(2).
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Fitriyah, S. (2021). PERANAN GURU PEMBIMBING DALAM MENINGKATKAN KEHADIRAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Gustina. (2014). Tingkat Kehadiran Siswa Dalam Proses Pembelajaran Dan Usaha Guru Pembimbing Dalam Meningkatkannya Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar. Repositori UIN Suska, 11–31.
Hefny, T. (2019). Makalah Kehadiran dan Ketidakhadiran Peserta Didik. Blogspot.Com.
Ifendi, M. (2020a). Kompetensi Manajerial Mahasiswa Prodi MPI STAI Sangatta Kutai Timur dalam Pengenalan Lapangan Pendidikan. JURNAL TARBAWI STAI AL FITHRAH, Volume 9(Nomor 1), 39–58.
Ifendi, M. (2020b). Pesantren Dan kepemimpinan Kiai: Studi Kasus Di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Gresik (1980-2020). MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan), 2(September), 13. https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/issue/view/18
Ifendi, M. (2021). Disaster Emergency Response Management to Anticipate the Spread of Covid-19 at the Islamic Boarding School. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2), 389–406.
Kusniati. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Edumu Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Xi Ipa Di Sma Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar.
Mubarok, R. (2021). Peran Kepemimpinan Dalam Keluarga Pada Pembelajaran Daring Di Desa Sangatta Utara. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1251. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1251-1262.2021
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Reski, A., Putra, B., & An, D. N. (2020). Faktor Penghambat dalam Mengatasi Ketidakhadiran Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Lubuk Basung. 1(4), 253–264.
Roni Fitriadi, Nurhasanah, M. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETIDAKHADIRAN SISWA DI SEKOLAH DAN UPAYA GURU BK DALAM MENGATASINYA (Suatu penelitian pada MAN 4 Kabupaten Aceh Besar). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, Vol. 4 No.(September), 8–17.
Syafi’i, M. I. (2021). ANALISIS PERMASALAHAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19. Al-Rabwah : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(02), 51–59.
Tambakmulyo, N., Kebumen, K., Ambarwati, D., Wiarsih, C., & Irawan, D. (2021). Strategi Guru Dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sd. Prosiding Seminar Nasional, 9(1), 215–224.
Yudiawan, A. (2019). Analisis Korelasi Tingkat Absensi dengan Hasil Belajar Siswa MTs . Sains al-Gebra Kota Sorong Papua Barat. Jurnal Kependidikan, 11(2), 353–373.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Zeptiani, N. W. (2021). PENGARUH TINGKAT KEHADIRAN SISWA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn. 7, 62–70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Erin Alzizah, Dilla Safitri wulandari, Rika rahim, Juhrika wulansyah, duriska

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.