Peran Kepala Madrasah Perempuan Dalam Pembangunan Karakter Siswa Perspektif Kepemimpinan Transformasional Di MTs Alif Laam Miim Surabaya

Authors

  • Ilya Musfiah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nur Kholis UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Hanun Asrohah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.2.178-189

Keywords:

Kepemimpinan Transformasional, Perempuan, Karakter

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program-program pembangunan karakter di MTs Alif Laam Miim Surabaya yang tidak terlepas dari peran aktif dan kontribusi kepemimpinan kepala madrasah berjenis kelamin perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai kepemimpinan kepala madrasah perempuan dalam membangun karakter siswa di MTs Alif Laam Miim Surabaya. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kesiswaan, guru, wali murid dan siswa. Data penelitian diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Peneliti melakukan analisis data menggunakan 3 langkah yaitu data reduction (reduksi data, data display (penyajian data) dan verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa bentuk kepemimpinan transformasional kepala madrasah perempuan cocok diterapkan sebagai suatu bentuk pendekatan kepemimpinan dalam mewujudkan pembangunan karakter yang baik di MTs Alif Laam Miim Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Q. (2000). The liberation of women: And, the new woman, two document in the history of Egyptian feminism. American Univ in Cairo Press.

Andriani, T. (2019). Tuti Andriani. Peran Kepala Sekolah Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Pekanbaru’, 5(1), 15–28.

Bacaan, S., & Tua, O. (2011). Membangun Karakter Anak Usia Dini.

Burns, J. M. (1978). Leadership. Harper & Row.

Chaniago, A. (2017). Pemimpin dan Kepemimpinan (Pendekatan Teori dan Studi Kasus. Penerbit Lentera Ilmu Cendekia.

Dewantika, P. N. (2016). Skripsi: Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM Sragen. UMS.

Eka, S. dkk. (2020). Pendidikan Karakter. Penerbit Widina.

Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Juhro, S. M. (2019). Transformational Laedership: Konsep, Pendekatan dan Implikasi pada Pembangunan. Bank Indonesia Institute.

Nasional, P. (2006). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika.

Octavia, M., & Silalahi, D. K. (t.t.). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah’. Universitas Pelita Harapan.

Rahajo. (2009). Madrasah sebagai Centre of Excellent. Dalam Makalah Seminar IAIN Walisongo Semarang (hlm. 23).

Raharjo, M., & Metologi, B. P. (2010). Penelitian Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana UIN Maliki.

Samsu. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Pusaka.

Shalahuddin. (t.t.). Karakteristik Kepemimpinan Transformasional.

Siswanti, Y. (2016). Meraih Kesuksesan Organisasi dengan Kepemimpinan Manajerial yang ‘Smart’ dengan Pendekatan Riset Empiris. Etose Digital.

Situmorang, N. Z., Psikologi, E., & Sastra. (2011). Gaya Kepemimpinan Perempuan’, rocedding PESAT. Arsitektur Dan Sipil, 4, 131.

Sugiyono, M. P. K. (2017). Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Wulandari, Y., Sartika, E. D., & Perawati. (2018). Strategi Kepala Sekolah Perempuan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan’. Vol.3, 1, 127.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Predana Media Group.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Musfiah, I., Nur Kholis, & Hanun Asrohah. (2022). Peran Kepala Madrasah Perempuan Dalam Pembangunan Karakter Siswa Perspektif Kepemimpinan Transformasional Di MTs Alif Laam Miim Surabaya. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(2), 178–189. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.2.178-189

Issue

Section

Articles