Manajemen Data Siswa Berbasis Teknologi Informasi Hubungannya Dengan EFektivitas Pelayanan Administrasi Kesiswaan

Authors

  • Rabiah Al Adawiah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yaya Suryana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Heri Khoiruddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.2.136-148

Keywords:

Administrasi, Efektivitas, Manajemen Data, Pelayanan

Abstract

Di era globalisasi ini, perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat begitu juga teknologi dalam dunia pendidikan. Perkembangan ini akan berlanjut terus menerus. Manajemen data siswa berbasis teknologi dalam prosesnya sering terhambat oleh banyak faktor, mulai dari pengumpulan data, budaya, mekanisme, teknis pemeliharaanya, bahkan dalam pemakaian datanya.  Sumber daya manusia dalam  pelayanan yang tidak bertanggungjawab dalam proses manajemen akan mengahasilkan pelayanan yang tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa sajauh hubungan antara manajemen data siswa berbasis teknologi informasi dengan efektivitas pelayanan administrasi kesiswaan di Madrasah Aliyah Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional dengan melakukan penyebaran angket ke 90 siswa kelas 12 Madrasah Aliyah Kabupaten Mandailing Natal. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara manajemen data siswa berbasis teknologi informasi dengan efektivitas pelayanan administrasi kesiswaan dengan nilai 0,857 yang artinya tingkat hubungannya sangat kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abudi, Fatriani. (2019). Manajemen Data Siswa Berbasis Teknologi Informasi (Studi Kasus di SMK Negeri 01 Gorontalo). Thesis Universitas Negeri Gorontalo

Arfan, S. S., Yaumi, M., & Yusuf T, M. (2019). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Pengolahan Data Peserta Didik Di Mi Nasrul Haq. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 289. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.9727

Hakim, L. (2019). Prinsip-Prinsip Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jambi: Timur Laut Aksara.

Hardiyansyah. (2005). Komunikasi Pelayanan Publik dan Aplikasinya. Palembang: Gava Media.

Hasbiyallah, & Ihsan, M. N. (2019). Administrasi Pendidikan Perspektif Ilmu Islam. Bandung: http://digilib.uinsgd.ac.id/.

Hidayat, & Wijaya. (2017). Ayat-ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: LPPPI.

Hisbinarto. (2014). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Izza, A., & Sari, P. (2019). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UNTUK PENGELOLAAN DATA Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan. MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan), 1.

Puspitasari. (2019). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Efektivitas Pelayanan Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Probolinggo. Pedagogy, 37-43.

Ramayulis. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rochaety, E. (2005). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusdiana, & Irfan. (2014). Sistem Informasi Manajemen . Bandung: Pustaka Setia.

Sadiman. (2007). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Siagian. (2019). Filsafat Administrasi . Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sinen, R. (2017). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran Di SMP N 21 Makassar. In Jurnal Sains dan Seni ITS (Vol. 6, Issue 1).

Strees, R. M. (1985). Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Y. (2015). Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Tupono, W., & Kusumawiranti, R. (2020). EFEKTIVITAS EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM ( EMIS ) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5. 1, 24–37.

Yamalia, I., & Siagian, S. (2019). Analisa Sistem Informasi Pengelolaan DAta Nilai Siswa Berbasis WEB. Journal V-Tech (Vision Technology), 75-80.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Rabiah Al Adawiah, Yaya Suryana, & Heri Khoiruddin. (2022). Manajemen Data Siswa Berbasis Teknologi Informasi Hubungannya Dengan EFektivitas Pelayanan Administrasi Kesiswaan. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(2), 136–148. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.2.136-148

Issue

Section

Articles