Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi COVID-19 Di UIN Sunan Ampel Surabaya

Authors

  • Yuanita Rachmawati UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Ma'arif UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ninik Fadhillah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nailil Inayah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Khoirotul Ummah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muh. Nuh Fathsyah Siregar UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Rela Amalyaningsih UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Fahira Aftannailah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Aisyatul Auliyah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/ijsl.v1i1.633

Keywords:

Eksplorasi Pembelajaran, Pembelajaran saat Pandemi COVID-19, Pendidikan IPA

Abstract

Pandemi COVID-19 telah merubah tatanan hidup sebagian besar penduduk dunia, termasuk dalam dunia Pendidikan. Problematika pun muncul satu persatu sejalan dengan peralihan metode pembelajaran Universitas secara offline/tatap muka ke online/melalui jaringan internet. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam juga memiliki masalah yang rumit saat materi yang seharusnya disampaikan dengan penuh perhatian pada pemodelan dan praktikum, harus di switch dengan metode tanpa tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi apa saja yang dirasakan mahasiswa selama pembelajaran daring ini dilakukan. Penelitian deskriptif kualitatif dilakukan pada 40 responden mahasiswa Pendidikan IPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Hasil menunjukkan bahwa pada aspek Kelancaran Pelaksanaan Pembelajaran 52,5% mahasiswa berpendapat Jumlah Pertemuan dan Kesesuaian Materi dengan Silabus Baik, sesuai dengan yang diharapkan. 37,5% Sistem Perkuliahan yang menggunakan Platform Daring atau Online berjalan baik namun 30% berpendapat tidak sesuai dengan yang diharapkan. Cara Penyampaian Dosen cukup sesuai dengan yang diharapkan berkaitan dengan penguasaan materi dan penguasaan penggunaan Platform Online oleh dosen, aspek ini mendapatkan penilaian 52,5% dari mahasiswa. Penugasan selama pembelajaran online ini dilakukan dirasa cukup memberatkan mahasiswa terbukti pada 30% mahasiwa menyatakan aspek ini tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sementara aspek paling memberatkan dilakukan pembelajaran online salama pandemi COVID-19 ini adalah masalah jaringan yang berkaitan dengan Sinyal dan Kuota Paket Data. 40% mahasiswa meyatakan bahwa aspek ini dirasa tidak sesuai dengan yang diharapkan dan memberatkan. Whats App Group adalah Platform Online yang paling diminati mahasiswa, sementara Zoom bukan menjadi pilihan prioritas.

Downloads

Published

2020-06-29

How to Cite

Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Siregar, M. N. F., Amalyaningsih, R., Aftannailah, F., & Auliyah, A. (2020). Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi COVID-19 Di UIN Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal of Science Learning (IJSL), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.15642/ijsl.v1i1.633

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)