EVALUASI TERHADAP KESULITAN PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • wildan arfian
  • Muhammad Suwigno Prayogo

DOI:

https://doi.org/10.15642/ijsl.v4i2.2329

Keywords:

Implementation, Thematic Learning, Elementary School

Abstract

Pelaksanaan program tahun 2013 melalui pembelajaran bermakna menekankan keikutsertaan siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga diharapkan mereka memperoleh pengetahuan secara langsung dan membangun pengetahuannya sebagai hasil dari apa yang dipelajarinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesulitan pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan deskriptif.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pemilihan subjek adalah metode purposive sampling. Berkaitan dengan temuan penelitian diketahui bahwa penggunaan pembelajaran tematik online mengalami kendala antara lain guru yang tidak menggunakan metode yang tepat dan menemukan permasalahan pada saat menggunakan media/aplikasi dalam pembelajaran online dikarenakan rendahnya permintaan/kinerja siswa yang rendah. . mereka tertarik dengan hal-hal yang dibawa oleh guru, ruang dan fasilitas masih kurang, guru tidak bisa berkomunikasi langsung dengan siswa, sehingga siswa harus lebih memahami teks secara mandiri, banyak siswa tidak memiliki kecerdasan telepon dan jaringan akses saat pembelajaran online digunakan. Begitu pula dengan asesmen atau penilaian mata pelajaran, dimana guru masih mengalami kendala dan kesulitan dalam menilai siswa yang diajarkan secara daring.

References

Alvina, O. D., Wandini, R. R., Siahaan, M. Y., & Siregar, A. H. (2021). No Title. 10(1), 141–153.

Anhusadar, L. O. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik Paud Di Tengah Pandemi Covid 19. 5(1), 686–697. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.699

Anshory, I., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Kelas Rendah Sd Muhammadiyah 07 Wajak. 4, 35–46.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi Dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. 282–289.

Batubara, H. H. (N.D.). Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid19 Ditinjau Dari Teori.

Bondowoso, I. I. I. (2018). Problematika Pembelajaran Tematik Terpadu. 1(1), 45–61.

Cahyani, A., Listiana, I. D., Puteri, S., Larasati, D., Islam, U., Sunan, N., … Belajar, M. (2020). Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. 3(01), 123–140.

Di, J., & Pandemi, M. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Dalam Jaringan Di Masa Pandemi Covid-19 Yosi Intan Pandini Gunawan & Asep Amaludin 1. 11(1), 686–697.

Education, E., Dafit, F., Ramadan, Z. H., & Riau, U. I. (2020). Jurnal Basicedu. 4(4), 1429–1437.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( Sfh ) Selama Pandemi Covid 19 Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( Sfh ) … .. 8(1), 496–503.

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan Yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. 05(01), 533–541.

Islam, U., & Antasari, N. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar Riinawati. 3(4), 2305–2312.

Kasah, E., Fadillah, S., Studi, P., Matematika, P., & Pontianak, S. P. (2014). Berbasis Pendekatan Open

Ended Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa The Effect Of Using Differential Calculus Textbook Based On Open Ended Approach Towards Students ’ Mathematical Representation Ability. 20(September), 340–352. Nu, A., Kecamatan, N., Kabupaten, P., Kepada, D., Tarbiyah, F., Purwokerto, I., … Pendidikan, S. (2020). Oleh : Yunia Caesar Priastuti Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Purwokerto : Yunia Caesar Priastuti.

Nurbaeti, D., Gustiawati, S., & Khaldun, U. I. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3(4), 1409–1417.

Pelajaran, M., Di, P., Sains, S. M. A., & An, Q. (N.D.). Implemntasi Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Pada. 5(01). Https://Doi.Org/10.29240/Belajea.V5

Pratiwi, A. S. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 Di Sd Ti 030 Batu Belah Kelas Vi. 5, 766–773.

Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pengajaran Bagi Guru Dan Siswa Pendahuluan. 3(2), 289–295.

Sari, I. K., Astuti, S., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Efektivitas Pembelajaran Luring Dan Daring Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Di Sekolah Dasar. 3(4), 1717–1723.

Wardah, R., & Farisia, H. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 : Implementasinya Pada Sekolah Menengah Pertama. 3(4), 2008–2017.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid-19. 2(3), 232–243.

Downloads

Published

2024-01-09

How to Cite

wildan, & Prayogo, M. S. (2024). EVALUASI TERHADAP KESULITAN PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. Indonesian Journal of Science Learning (IJSL), 4(2), 83–92. https://doi.org/10.15642/ijsl.v4i2.2329

Issue

Section

Articles