EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA MADRASAH IBTIDAYAH

Authors

  • arin Arin Iradatul Awaliyah UIN Kyai Haji Ahmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.15642/ijsl.v4i2.2319

Keywords:

Effectiveness, IPA, discussion method

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektivitasnya metode diskusi pada pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Malik Ibrahim. Karena kepasifan siswa dalam kegiatan pembelajaran merupakan salah satu factor yang bisa menyebabkan hasil belajar siswa tidak stabil. Tidak efektifnya proses pembelajaran sangat berdampak pada hasil belajar siswa. Pemilihan metode belajar yang salah akan membuat siswa merasa jenuh dan bosan utamanya pada pembelajaran IPA yang notabennya mempelajari banyak hal pada seluruh alam dan lingkungan sekitar. Dengan adanya penelitian ini dilakukan diharapkan metode pembelajaran diskusi dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPA siswa dalam kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dengan instrument penelitian yakni berupa jawaban hasil dari wawancara dengan berapa guru pada Madrasah Ibtidaiyah.

 

References

Afifatu Rohmawati. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini 9(1)

Agus Purwanto, Rudy Pramono, dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling, 2(1), 1-12. Diperoleh dari: https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

Ali Sadikin, Afreni Hamidah, (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidiksn Biologi, 6(2), 2014-224.

Andi Mulawakkan Firdaus, Mukhlis. (2018). Keefektifan Pembelajaran Mamatika Melalui Penerapan Model Kooperatif Bernomor Tipe Kepala Bersama (NHT) Dengan Pendekatan Konstektual. Jurnal Internasional Penelitian dan Pengembangan Multi Disiplin, 10(1), 62-166.

Edy Surahman, Mukminan. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Jurnal pendidikan IPS, 4(1), 1-13.

Muhammad Afandi, Evi Chamalah, & Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model dan Metode Pempelajaran Di Sekolah. Diperoleh dari: http://research.unissula.ac.id

Sri Hartati, Rosnita, Maridjo Abdul Hasjmy. (2016). Peningkatan Aktivitas Belajar Menggunakan Metode Diskusi Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN 13 Ketapang.

Wulandini, Wiweka, Bayu. (2021). Efektivitas Metode Diskusi Pada Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS siswa. Jurnal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 144-149.

Katrina Murwanti. (2014). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajarn Di SD. Artikel penelitian.

Downloads

Published

2024-01-09

How to Cite

Arin Iradatul Awaliyah, arin. (2024). EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA MADRASAH IBTIDAYAH. Indonesian Journal of Science Learning (IJSL), 4(2), 93–100. https://doi.org/10.15642/ijsl.v4i2.2319

Issue

Section

Articles