Pembelajaran Praktikum pada Mahasiswa Prodi Biologi dan Pendidikan Biologi Universitas Islam Negri Walisongo Semarang di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Devi Noor Rahmawati UIN Walisongo Semarang
  • Lailatuz Zahro UIN Walisongo Semarang
  • Ahmad Fauzan Hidayatullah UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.15642/ijsl.v2i2.1238

Keywords:

Praktikum Biologi, Pandemi Covid-19, Studi Eksplorasi Praktikum

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan berubahnya semua tatanan kegiatan, salah satunya dibidang pendidikan. Dimana pembelajaran jarak jauh sudah dilakukan kurang lebih selama 15 bulan. Hal ini merupakan sesuatu yang tidak efektif untuk dilakukan, terutama bagi mahasiswa yang tetap diharuskan untuk melaksanakan kegiatan praktikum secara mandiri pada saat pandemi Covid-19 ini. Praktikum memiliki peran penting bagi para praktikan didalam pembelajaran sains. Karena kegiatan praktikum akan memudahkan para praktikan dalam memahami materi dengan cara penerapan. Sehingga penelitian ini memeiliki tujuan untuk meneliti dan mengetahui keterlaksanaan kegiatan praktikum, bentuk praktikum, kendala yang dialami selama praktikum, metode yang digunakan dosen dalam menyampaikan prosedur praktikum, dan respon keefektifan pelaksanaan praktikum saat pandemi covid-19 di prodi Biologi dan Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. 

 

 

References

Budiastra. 2004. Laboratorium Kering dan Laboratorium Basah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Cheppy Riyana. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI

Chick, R. C., et al. 2020. Using Technology to Maintain the Education of Residents during the VOVID-19 Pandemi. Journal of Surgical Education, 77(4), 729–732.

Daniah, D. 2020. Pentingnya Inkuiri Ilmiah Pada Praktikum dalam Pembelajaran IPA untuk Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN,9(1).

Ernawati, Y. 2020. Problematik Pembelajaran Daring Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi.13(1): 01-15.

Erniwati. Eso, R. dan Rahmia, S. 2014. Penggunaan Media Praktikum Berbasis Video dalam Pembelajaran IPA Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Perubahannya. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 10(3):269-273

Hamidah, A. 2014. Persepsi siswa tentang kegiatan praktikum biologi di laboratorium SMA Negeri Se-Kota Jambi. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221111.

Jayananda, D. P. A. P., Lasmawan, I. W., dan Arnyana, I. B. P., 2020. pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multimodal Melalui Analisis Muatan Pengetahuan dan Keterampilan IPA pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Kelas V Sekolah Dsar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 61-69.

Kapasia, N., et al. 2020. Impact of lockdown on learning status of undergraduate and post graduate students during Covid-19 pandemi in West Bengal, India. Children and Youth Services reviews, 116 (June), 105194

Maske, S. S., et al. 2018. Feasibility, effectiveness, and students’ attitude toward using WhatsApp in histology teaching and learning. J Educ Health Promot, 7(158).

Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

Ni Luh Putu Ananda Saraswati dkk., 2020. Pembelajaran Praktikum Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19: Qualitative Content Analysis Kecenderungan Pemanfaatan Teknologi Daring. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya,Vol. 14 No2

Salwa dan Rezeqi. 2012. Analisis Kelengkapan Laboratorium dalam Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri Se-kabupaten Karo Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Medan. Jurnal Pendidikan, 3(4), 1-10.

Sartika, S. B., Efendi, N., dan Rocmah, L. I. 2020. Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Bagu Guru IPA dan Matematika di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 201-208.

Setiaji, B., dan Dinata, P. A. C. 2020. Analisis Kesiapan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika menggunakan e-learning dalam situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 59–70.

Strielkowski, W. 2020. Covid-19 Pandemi and the digital revolution in academia and higher education. Preprints, (April), 1–6.

Sumardi, S., Ekowati, C. N., Handayani, T. T., dan Arifiyanto, A. Belajar Enzim dari Rumah; Penguatan Pembelajaran Berbasis Praktikum pada Guru di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Tulang Bawang.

Syamsu dan Yusuf. 2007. Buku Materi Pokok Pedagogik Pendidikan Dasar. Bandung: Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Ta’imul Sholikah ,dkk. 2020. Studi Eksplorasi Kegiatan Praktikum Sains saat Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Science Learning. IJSL 1 (2) (2020) 67-75/ ISSN: 2745-3480

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Rahmawati, D. N., Zahro, L., & Hidayatullah, A. F. (2021). Pembelajaran Praktikum pada Mahasiswa Prodi Biologi dan Pendidikan Biologi Universitas Islam Negri Walisongo Semarang di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Science Learning (IJSL), 2(2), 109–116. https://doi.org/10.15642/ijsl.v2i2.1238

Issue

Section

Articles