Desain Pembelajaran Garis dan Sudut Menggunakan Jam Dinding Lingkaran untuk Siswa SMP Kelas VII

  • Ajeng Ramadhani Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Rully Charitas Indra Prahmana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta http://orcid.org/0000-0002-9406-689X
Keywords: Indonesian Realistic Mathematics Education, Line and Angle, Design Research

Abstract

The purpose of this research is to understanding the role of line and angle learning design in students’ comprehension of mathematical concept and also to understanding the students’ learning result through LAS (Lembar Aktivitas Mahasiswa) or student activity paper that is based on the Indonesian Realistic Mathematics Education approach. The research method used in this research is design research. The result of this research shows that the activity of using props or drawing a clock circle could motivate the students in checking out the shaped angle, So the students will have the idea to calculate how big is the angle that is shaped by the clockwise and also to determine its types. So, the design that is used could help the students to understanding the concept of angle through the context of clock circle.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rully Charitas Indra Prahmana, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

(SCOPUS ID: 57192302745)

References

Adrelia, D. I., Kurniawati, V., & Prahmana, R. C. I. (2015). Permainan bom angka dalam konsep kelipatan persekutuan terkecil untuk anak Sekolah Dasar. Jurnal Elemen, 1(1), 25-35.

Afrilianto, M. (2012). Peningkatan pemahaman konsep dan kompetensi strategis matematis siswa SMP dengan pendekatan metaphorical thinking. Infinity Journal, 1(2), 192-202.

Akmil, A. R., Armiati, & Rizal, Y. (2012). Implementasi CTL dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika,1(1), 24-29.

Edo, S. I., & Bulu, V. R. (2018). Penanaman pemahaman hubungan antara bilangan pada siswa baru sekolah dasar melalui pembelajaran PMRI. Journal of Honai Math, 1(2), 139-154.

Fitri, N. L., & Prahmana, R. C. I. (2018). Pembelajaran luas segiempat untuk siswa kelas VII menggunakan Reallotment Activities. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 18-28.

Hanun, A., & Prahmana, R. C. I. (2019). Pembelajaran luas permukaan prisma menggunakan konteks packaging. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2), 70-79.

Herawati, O. D. P., Siroj, R. A., & Basir, M. D. (2010). Pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80.

Khoirudin, & Rizkianto, I. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning dan learning trajectory yang berorientasi pada kemampuan penalaran matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 207-218.

Lestari, R. M., & Prahmana, R. C. I. (2017). Model guided inquiry, student team achievement division dan kemampuan penalaran matematis siswa. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 153-165.

Mumu, J., & Tanujaya, B. (2018). Desain pembelajaran materi operasi pada himpunan menggunakan permainan “Lemon Nipis”. Journal of Honai Math, 1(1), 14-23.

Prahmana, R. C. I. (2017). Design Research: (Teori dan implementasinya: Suatu Pengantar). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115-122.

Risdiyanti, I., Prahmana, R. C. I., & Shahrill, M. (2019). The learning trajectory of social arithmetic using an Indonesian traditional game. Elementary Education Online, 18(4), 2094-2108.

Sari, A. P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap pemahaman konsep siswa pada materi untung dan persentase untung. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1-19.

Sary, R. M., & Ristiana, R. (2019). Pembelajaran keliling dan luas bangun datar menggunakan metode matematika gasing. Journal of Honai Math, 2(2), 143-150.

Simanulang, J. (2013). Pengembangan bahan ajar materi himpunan konteks laskar pelangi dengan pendekatan Pendidkan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 26-36.

Suryanti, O. C. (2015). Identifikasi Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika Pokok Bahasan Garis dan Sudut pada Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 4 Jember. Skripsi, Tidak dipublikasikan. Jember: Universitas Jember.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Susilowati, N. (2017). Analisis Hambatan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Garis dan Sudut Berdasarkan Teori Bruner. Skripsi, Tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.

Wachidah, L. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Garis dan Sudut pada Siswa Kelas VII A MTSN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Tidak dipublikasikan. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Zulkardi & Putri, R. I. I. (2010). Pengembangan blog support untuk membantu siswa dan guru matematika Indonesia belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Inovasi Perekayasa Pendidikan (JIPP), 2(1), 1-24.

Published
2019-12-30
How to Cite
RamadhaniA., & PrahmanaR. (2019). Desain Pembelajaran Garis dan Sudut Menggunakan Jam Dinding Lingkaran untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(2), 85-101. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.2.85-101
Section
Articles