Fun with SPLDV: Multimedia Lectora Inspire Menguatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Authors

  • Eka Resti Wulan IAIN Kediri
  • Iffatur Rofiqoh IAIN Kediri
  • Zulinda Nur Saidah IAIN Kediri
  • Diana Puspitasari IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.83-98

Keywords:

Interactive Media, Concept Understanding, Linear Equation System of Two Variable

Abstract

This study aims to describe the process of developing interactive multimedia learning mathematics Lectora Inspire that satisfies criteria: valid, practical, and effective to reinforce the conceptual understanding of 8th graders of junior high school, especially on Linear Equation System in Two Variables (LESTV) topic. This research uses the Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE) model. The result of media and content expert validation showed an average score of 84% and 83.5%, respectively, such that it met the valid criteria and without revision. The result of the student questionnaire said that the media was good with scores of 79% and the average point of the test was 86.5 of 100. It showed that the student concept understanding was complete after using the media. The media need to be improved before it was used broader.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abiyasa, P. K., Yulianto, Y. R. D., & Pratini, H. S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Materi SPLDV dengan Ilustrasi Kegiatan Jual-Beli Pakaian Adat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia: Perspeltif Matematika dari Budaya Indonesia, 9 Oktober 2017. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa

Albar, D. A., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 221–230. doi: 10.30651/must.v2i2.843

Andini, D., & Supriadi, N. (2018). Media Animasi Menggunakan Macromedia Flash Berbasis Pemahaman Konsep Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 149–145. doi: 10.24042/djm.v1i2.2278

Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Matakuliah Analisis Vektor. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 209–222. doi: 10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp209-222

Azizah, I. N., Amri, M. K., Ikashaum, F., & Mispani, M. (2021). Pengembangan Modul Kalkulus dengan Pemanfaatan Software Geogebra. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 13–23. doi: 10.15642/jrpm.2021.6.1.13-23

Basya, Y. F., Rifa’i, A. F., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan mobile apps android sebagai media pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi pemahaman konsep. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–9. doi: 0.14421/jppm.2019.011-01

Farida, F., Suherman, S., & Zulfikar, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Himpunan Melalui Pembelajaran Matematika dengan Media Articulate Studio’13. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 20–28. doi: 10.32487/jshp.v3i1.536

Gusmania, Y., & Dari, T. W. (2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman konsep matematis siswa. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 7(1), 61–67. doi: 10.33373/pythagoras.v7i1.1196

Hima, L. R., & Samidjo. (2019). Pengembangan MILEA (Media Pembelajaran Interaktif Matematika Menggunakan Software Lectora Inspire) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Proceeding of Biology Education, 3(1), 134–139. doi: 10.21009/pbe.3-1.16

Hoiriyah, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 123–136. doi: 10.24952/logaritma.v7i01.1669

Khuzaini, N., & Sudarmaji, B. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash CS3 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Kelas VIIIB MTs Assalafiyyah Mlangi. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 6(1). doi: 10.33373/pythagoras.v6i1.621

Mahmudah, R., Ahyan, S., & Rasidi, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Software Lectora Inspire pada Materi Perbandingan untuk Siswa Kelas VII SMP. Journal of Honai Math, 1(1), 47–55. doi: 10.30862/jhm.v1i1.769

Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa MTs Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237–246.

Nursidik, H., & Suri, I. R. A. (2018). Media pembelajaran interaktif berbantu software Lectora Inspire. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 237–244. doi: 10.31004/cendekia.v4i1.193

Prisa, I. N., Suratman, D., & Nursangaji, A. (2021). Penggunaan Media Vlog (Video Blog) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep SPLDV Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(1). Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/43926

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. doi: 10.20414/jtq.v16i1.203

Rahmayanti, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran pengolahan dan penyajian makanan Indonesia menggunakan aplikasi Lectora Inspire. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(2), 60–67. doi: 10.37251/jee.v1i2.44

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177. doi: 10.31004/cendekia.v3i1.87

Rofiqoh, I., Puspitasari, D., & Nursaidah, Z. (2020). Pengembangan Game Math Space Adventure Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pecahan di Sekolah Dasar. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2, 41–54. doi:10.36706/jls.v2i1.11445

Rusmana, I. M. (2015). Efektifitas Penggunaan Media ICT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3). Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/102/97

Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41–50. doi: 10.31629/jg.v2i1.60

Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections, 5(2), 26–37. doi: 10.47200/intersections.v5i2.553

Simorangkir, F. M. A., & Sembiring, R. K. B. (2018). Peningkatan Kemampuan Number Sense Siswa Melalui Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Lectora Inspire. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 29–35. doi: 10.30743/mes.v4i1.866

Sunismi, S., & Fathani, A. H. (2016). Uji Validasi E-Module Matakuliah Kalkulus I untuk Mengoptimalkan Student Centered Learning dan Individual Learning Mahasiswa S-1. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 1(2), 174–191. doi: 10.15642/jrpm.2016.1.2.174-191

Supriadi, N. (2015). Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs). Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99–110. doi: 10.24042/ajpm.v6i2.20

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. doi: 10.24014/sjme.v4i1.5057

Suryawan, I. P. P. (2019). Rancang Bangun Dan Implementasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Lectora inspire Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 177–188. doi: 10.36733/jsp.v9i2.399

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma, 9(1), 108–117.

Wulan, E. R., & El Milla, Y. I. (2020). Examples and Non-examples as a Road to Understanding the Concept of Function. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 9(2), 90–99. doi: 10.24235/eduma.v9i2.7368

Zahra, S. J. A. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam pemahaman konsep menyelesaikan soal cerita spldv dengan tahapan newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 87–94. doi: 10.22460/jpmi.v2i2.p87-94

Zamroni, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Elastisitas Kelas XI SMA N 1 Sukorejo. Disertasi tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Zuhri, M. S., & Rizaleni, E. A. (2016). Pengembangan media Lectora Inspire dengan pendekatan kontekstual pada Siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 5(2). doi: 10.33373/pythagoras.v5i2.463

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Wulan, E. R., Rofiqoh, I., Saidah, Z. N., & Puspitasari, D. (2021). Fun with SPLDV: Multimedia Lectora Inspire Menguatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 83–98. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.83-98

Issue

Section

Articles