Metode Ta’bir Ash-Shuwar Al-‘Asywai: Inovasi Pembelajaran Maharah Kalam Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Madura

  • Khoirul Bariyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muassomah Muassomah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Speaking Skill, Ta’bir Ash-Shuwar Al-‘Asywai Method, Learning Process

Abstract

Maharah kalam (Keterampilan berbicara) adalah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan pikiran berupa ide, pendapat, keinginan, atau perasaan secara lisan kepada mitra pembicara. Maharah kalam dalam konteks Bahasa arab merupakan salah satu keterampilan yang menjadi dasar utama dalam Bahasa Arab, sehingga mahasiswa wajib menguasainya. Namun, sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam berbicara Bahasa Arab yang mayoritas disebabkan oleh faktor ketidak percayaan diri mereka dalam berbicara Bahasa arab, kurangnya penguasaan mufrodat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebagai pengajar harus menguasai berbagai metode dan menggunakan beberapa metode agar pembelajaran menjadi efektif, salah satunya menggunakan metode Ta’bir Ash-Shuwar Al-‘Asywai atau dikenal dengan metode story telling menggunakan media gambar seri. Yang mana metode tersebut yaitu metode yang mendiskripsikan atau menceritakan gambar yang telah di susun dari gambar yang di acak. dan sesuai dengan observasi yang dilakukan oleh peneliti, bahwa dengan metode dan media ynag diterapkan oleh peneliti terhadap mahasiswa semester III  Jurusan Pendidikan Bahasa Aarab di IAIN Madura dapat meningkatkan ketrampilan berbicara dan meningkatkan minat mereka dalam pembelajaran maharaha kalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, , Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. Rhineka Cipta, 2002.

Azmi, Minatul, Maulida, Puspita, Metode Stori Telling Sebagai Solusi Pembelajaran Maharah Kalam di PKPBA UIN Malang, Inovasi Media pembelajaran Bahasa, sastra, dan Budaya Arab, Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa III Tahun 2019 HMJ Jurusan sastra Arab Fakultas sastra Universitas Negeri Malang, 2019

Baharuddin,Muhlis, Penerapan Metode Story Telling (Mendongeng) Dengan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara SIswa Kelas II SDN 1 Pringgabaya Tahun Ajaran 2017/2018, Jurnal Skripsi : Universitas Mataram ,2018.

Farkhana, Nirmala Fildza, 2017, Pembelajaran Maharah Al-Kalam Siswa Kelas Unggulan Di MTS N 2 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi.

Madyawati, Lilis, Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak, Jakarta: Pranamedia Group, 2016.

Puspa Ningsih, Chaesaria, Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Disertai Media Gambar Pada Anak Kelompok B TK Kusuma Pugeran Suryodiningratan Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Anaka Usia Dini Edisi 1 Tahun ke-6, 2017.

Rosyidi, Abd.Wahab, Mamlu’atul Ni’mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Maliki Press, 2011.

Rosyadi, Abdul Wahab, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Maliki Press, 2017.

Sa’diyah, Halimatus, Bermain Peran (Role Playing) Dalam Pembelajaran Maharah Al-Kalam di PKPBA UIN Maliki Malang, Jurnal Tarbiyatuna Volume 3 No 2 (Desember) , 2018.

Subyantoro, Pembelajaran Bercerita, Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.

Tohirin, Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Jakarta:PR RajaGrafindo Persada, 2012.

Wahyuni, Ni Kd. Dewi, Wyn. Wiarta, Ngh. Suadnyana, Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B TK Putra Sesana Antiga Karangasem, e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ,Volume 2 N0 1 tahun 2014.

Zulhannan, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2015.

Published
2019-12-03
How to Cite
BariyahK., & MuassomahM. (2019). Metode Ta’bir Ash-Shuwar Al-‘Asywai: Inovasi Pembelajaran Maharah Kalam Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Madura. Jurnal Alfazuna : Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(1), 1-34. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v4i1.509
Section
Articles