METODE TA’BIR ASH-SHUWAR AL-‘ASYWAI: INOVASI PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN MADURA

  • Khoirul Bariyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muassomah Muassomah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Speaking Skill, Ta’bir Ash-Shuwar Al-‘Asywai Method, Learning Process

Abstract

Maharah kalam (Keterampilan berbicara) adalah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan pikiran berupa ide, pendapat, keinginan, atau perasaan secara lisan kepada mitra pembicara. Maharah kalam dalam konteks Bahasa arab merupakan salah satu keterampilan yang menjadi dasar utama dalam Bahasa Arab, sehingga mahasiswa wajib menguasainya. Namun, sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam berbicara Bahasa Arab yang mayoritas disebabkan oleh faktor ketidak percayaan diri mereka dalam berbicara Bahasa arab, kurangnya penguasaan mufrodat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebagai pengajar harus menguasai berbagai metode dan menggunakan beberapa metode agar pembelajaran menjadi efektif, salah satunya menggunakan metode Ta’bir Ash-Shuwar Al-‘Asywai atau dikenal dengan metode story telling menggunakan media gambar seri. Yang mana metode tersebut yaitu metode yang mendiskripsikan atau menceritakan gambar yang telah di susun dari gambar yang di acak. dan sesuai dengan observasi yang dilakukan oleh peneliti, bahwa dengan metode dan media ynag diterapkan oleh peneliti terhadap mahasiswa semester III  Jurusan Pendidikan Bahasa Aarab di IAIN Madura dapat meningkatkan ketrampilan berbicara dan meningkatkan minat mereka dalam pembelajaran maharaha kalam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-04
How to Cite
BariyahK., & MuassomahM. (2019). METODE TA’BIR ASH-SHUWAR AL-‘ASYWAI: INOVASI PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN MADURA. Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(1), 1-34. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v4i1.509
Section
Articles