تطبيق وسائل اللوحة المغناطيسية لترقية مهارة الكتابة لتلاميذ الفصل الثامن بمدرسة واحد هاشم المتوسطة سورابايا

  • Nur Indah Nalaratih Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Ali Mudlofir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Media for teaching, magnetic boards, writing skills.

Abstract

Relevan strategies are needed to improve students’ ability and improve their ability. One way to get that strategy is use media that supports the learning process. Magnetic board media is a display board consisting of thin steel surfaces coated with magnets. The method used in this study is the experimental method which is part of the quantitative method. The researchers used the method of observation, interviews, documentation and tests as a way to obtain data in the study. This research was conducted at MTs Wachid Hasyim Suarabaya with class VIII as the sample. The purpose of using this media in learning is to improve student’s Arabic writing skills. The results of this study indicate that by applying this magnetic board media there are significant differences between before using this media and after using this media. Therefore, researchers can conclude that the application of magnetic media boards is able to improve student’s writing skills in Arabic.                          

Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bahasa Arab diperlukan strategi yang relevan.  Salah cara untuk mendapatkan strategi itu adalah dengan menggunakan media yang mendukung dalam proses pembelajaran. Media papan magnetic merupakan sebuah papan pamer yang terdiri dari permukaan baja tipis yang dilapisi magnet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen yang merupakan bagian dari metode kuantitatif. Adapun peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes sebagai cara untuk mendapatkan data dalam penelitian.  Penelitian ini dilakukan di MTs Wachid Hasyim Surabaya dengan kelas VIII sebagai sampelnya. Tujuan dari penggunaan media ini dalam pembelajarannya adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya media papan magnet ini terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media papan magnet ini. Oleh sebab itu, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan papan media magnet ini mampu meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-26
How to Cite
Nalaratih, N., & Mudlofir, A. (2019). تطبيق وسائل اللوحة المغناطيسية لترقية مهارة الكتابة لتلاميذ الفصل الثامن بمدرسة واحد هاشم المتوسطة سورابايا. Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2), 196-204. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v1i2.158
Section
Articles