????? ????? ??????? ?? ???? ????? ????? ???????? ?????? ????? ?????? ??????? ???? ?????? ??? ????? ???? ????? ???????? ??????????? ??????? ???????

Authors

  • Ainaaul Mardliyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Hisbullah Huda Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Saifullah Azhari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/alfazuna.v1i2.157

Keywords:

Foreign Language Development Institutions (LPBA), additional lessons, speaking skills.

Abstract

The institute for Foreign Language Development (LPBA) is a program centered on foreign language learning activities for students of the Sunan Drajat Paciran Islamic Boarding School in Lamongan. The purpose of this institution is to master foreign language, especially Arabic and English. Therefore, researchers want to know about how to apply additional lessons in the Foreign Language Development Institute (LPBA). This research was conducted at the Sunan Drajat Paciran Islamic Boarding School in Lamongan, with class XI as the sample. This study uses descriptive quantitative method to determine the efficiency of speaking skills using the test formula “t”. The results of this study indicate an increase in santri’s speaking skills after the implementation of additional learning at the Institute for Foreign Language Development (LPBA) at the Sunan Drajat Paciran Islamic Boarding School in Lamongan with the value of  t count 9.823 greater that t table 2.026 and this indicates Ho is rejected.

Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) adalah suatu program yang berpusat pada kegiatan pembelajaran bahasa asing bagi santri Pondok Pesantren Sunan Drajat Paciran Lamongan. Tujuan dari berdirinya lembaga ini adalah diharapkan agar siswa menguasai bahasa asing, terutama Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui tentang bagaimana penerapan pelajaran tambahan yang ada di Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA). Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Sunan Drajat  Paciran Lamongan, dengan kelas XI sebagai sampelnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mengetahui efesiensi keterampilan berbicara dengan menggunakan rumus test “t”. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara santri setelah dilaksanakan  penerapan pembelajaran tambahan di Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) di Pondok Pesantren Sunan Drajat  Paciran Lamongan. Dengan nilai t Hitung 9,823 lebih besar dari t table 2,026 dan ini menunjukkan Ho ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal. Konsep dan Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya, 2013
Al-Nâqah, Mahmûd Kâmil. Ta’lîm al-Lughah al-‘Arabiyah li Na?iqîn bi Lughâtin Ukhrâ. Al-Mamlakah al-‘Arabiyah. Jâmi’ah Ummu Al-Qurâ, 1985.
Junaidi. Ahammiyah al-Daurah al-Lughawiyyah fî Raf’I Mahârah al-Kalâm, Nun wa Al-Qalam 01 nimrah 20, 2007.
Sugiono, Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta,2010.
Sugiono, Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta,2010
Sutisna, Otteng. Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa, 1983.

Downloads

Published

2017-06-26

How to Cite

Mardliyah, A., Huda, H., & Azhari, S. (2017). ????? ????? ??????? ?? ???? ????? ????? ???????? ?????? ????? ?????? ??????? ???? ?????? ??? ????? ???? ????? ???????? ??????????? ??????? ???????. Jurnal Alfazuna : Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2), 215–225. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v1i2.157

Issue

Section

Articles