Penerapan Metode Edutainment dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Kecamatan Waru

Authors

  • Laila Badriyah Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.2.115-126

Keywords:

Penerapan metode edutainment, mengembangkan keaftifan belajar siswa.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pengembangan keaktifan belajar siswa. Sebagai upaya peningkatan keaktifan siswa terutama dalam penerapan metode edutainment pada mata pelajaran SKI. Oleh karena itu, guru MTs Darul Ulum Waru menerapkan penerapan metode edutainment dalam pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di MTs Darul Ulum waru sebagian sudah memiliki motivasi, aktif dan semangat dalam belajar SKI dan sebagian lainnya masih kurang dalam aktif belajar. Adapun faktor yang mempengaruhi aktifitas pada siswa tersebut terdapat pada dari diri sendiri, guru dan keluarga. Kemudian kendala siswa dalam belajar SKI di MTs Darul Ulum Waru disebabkan karena faktor eksternal yaitu waktu belajar sangat singkat, siswa tidak memperhatikan guru saat menerangkan, guru tidak sering menggunakan media pembelajaran. Selain itu juga upaya guru dalam memotivasi agar siswa semangat aktif belajar di MTs Darul Ulum Waru sudah ada seperti memberikan reward atau hadiah, memberikan hiburan atau permainan dan sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulsyani, 2004. Sosiologi Sistematika, Teori, dan Terapan, Bumi Aksara, Jakarta.

Boby Depotter, Mike Henacki, 2002. Quantum Learning, kaifa, Bandung.

Darynto, 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013), Gava Media, Jogyakarta.

Hanafiah, Nanang, dan Cucu, Suhana, 2009. Konsep Strategi Pembelajaran, PT Reflikasi Aditama, Bandung.

Hamid Moh Sholeh, 2011. Metode edutainment, Diva Press, Jogyakarta.

Hamruni, 2008. Konsep Edutainment dalam Pendidikan Islam, Sukses Offset ,Jogyakarta.

Hammalik Oemar, 2009. Kurukulum dan Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.

Hasibuan, Melayu S.p. 2011, Manajemen Sumber Daya manusia, Bumi Aksara, jakarta.

Ismail,2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Media Group, Semarang.

Mansur, 2004. Peradaban Islam dalam Lintasan Sejarah, Global Pustaka Utama, Yogyakarta.

Nana Syaodih Sukmadinata, 2006. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya,Bandung.

Roestiyah, 2008. Strategi Belajar Mengajar, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

RPP, MTs Darul Ulum Waru. 2020.

Syaiful Sagala, 2006. Konsep dan Makna Pebelajaran, Alfabeta, Bandung.

Sardiman A.M, 20001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.

Trianto,2010. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Prestasi Pustaka, Jakarta.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Badriyah, Laila. “Penerapan Metode Edutainment Dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Kecamatan Waru”. Jurnal Kependidikan Islam 12, no. 2 (August 15, 2022): 115–126. Accessed October 2, 2022. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1725.

Issue

Section

Articles