Hubungan Strategi Marketing Mix dengan Keputusan Konsumen dalam Memilih Sekolah Menengah Pertama di SMP Sunan Giri Menganti Gresik

Authors

  • Siti Khoirotunnisa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Imam Bawani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.1.94-110

Keywords:

Marketing Mix, Keputusan konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi marketing mix dan keterkaitannya dengan keputusan konsumen dalam memilih sekolah menengah pertama di SMP Sunan Giri Menganti Gresik. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Waktu penelitian ini dimulai pada bulan 10 Mei 2017, sampai terselesainya laporan penelitian ini yaitu tanggal 10 Juli 2017. Sampel penelitian adalah peserta didik di SMP Sunan Giri Menganti Gresik yang berjumlah 255 peserta didik dari populasi yang berjumlah 978 peserta didik. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling, dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Teknik dalam analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Product Moment. Dari pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan korelasi statistical package for social science (SPSS) Product Moment for windows versi 22 diketahui jumlah item pertanyaan sebanyak 18 dengan nilai rata-rata (mean) 76,00 dan standart deviasi sebesar 4,0483 merujuk pada kategori skor penilaian implementasi strategi marketing mix di SMP Sunan Giri tergolong sangat baik. Keputusan konsumen dalam memilih sekolah menengah pertama  juga tergolong cukup baik, hal ini dapat  diketahui dari jumlah item pertanyaan sebanyak 10 dengan nilai rata-rata (mean) 40,00 dan standart deviasi sebesar 2,0518. Dari pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan korelasi statictical package for social science (SPSS)


Product Moment for windows versi 22 diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel Strategi Marketing Mix dengan variabel keputusan konsumen dalam memilih sekolah menengah pertama. Hasil hitung korelasi Product Moment 0,928  lebih besar dari r tabel pada signifikansi 5 % dengan nilai 0,138

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchori. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2011.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
———. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Arum, Ayu and Suci. manajemen Marketing mix dalam meningkatkan minat konsumen di sekolah menengah pertama (SMP) Rahmat kembang kuning Surabaya”. Surabaya: UIN Sunan Ampel,2014, n.d.
Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2004.
Hidayatullah, Syarif. “Pengaruh Strategi Marketing Mix dengan Keputusan Konsumen dalam Memilih Sekolah Menengah Atas Yayasan Pendidikan Islam Darussalam Cimanggis-Ciputat”.” Undergraduate, UIN Syarif Hidayatullah, 2015.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Rosdakarya, 2003.
———. Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Rosdakarya, 2003.
Mokoginta. E-Book manajemen Pemasaran. 1st ed., n.d.
Mudrajad, Kuncoro. Metode Kuantitatif. Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2001.
Mursid. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Narbuko, Cholid, and Abu Achmadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2002.
Nasution. Metode Research “Penelitian Ilmiah.” Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
N.T, Irwinda. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen yang Menabung pada PT.Bank mandiri (persero,Tbk, cabang Makasar Kartini),Makassar.” Undergraduate, Universitas Hasanuddin, 2012.
Pangkay, Kim. Manajemen Suatu Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996.
Sevilla, Consuelo G. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: UI PERS, 1993.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung, n.d.
Suryosubroto. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Sutisna, and Pawirta. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
Sutrisno, Hadi. Metodologi Research jilid 2. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Syamsudin, A.R., and M.S.Vismaia S. Damaianti. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.
Terry, R, and Rue L.W. Dasar – Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, n.d.
Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa. Jakarta: Bayu Media Publishing, 2006.
Witherington, H.C.Psikologi Pendidikan. Jakarta:Aksara Baru,1999, n.d.

Downloads

Published

2021-02-15

How to Cite

Khoirotunnisa, Siti, and Imam Bawani. “Hubungan Strategi Marketing Mix Dengan Keputusan Konsumen Dalam Memilih Sekolah Menengah Pertama Di SMP Sunan Giri Menganti Gresik”. Jurnal Kependidikan Islam 11, no. 1 (February 15, 2021): 94–110. Accessed September 22, 2021. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1123.

Issue

Section

Articles