Hubungan Akuntabilitas Keuangan Sekolah dengan Partisipasi Wali Murid di SDN Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk

  • Binti Khurotut A’yunin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Nur Kholis Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Akuntabilitas Keuangan Sekolah Dan Partisipasi Wali Murid

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pengelolaan pendidikan di banyak sekolah terkesan tertutup bagi pihak luar. Masyarakat, orang tua murid seolah olah tidak banyak mengetahui seluk beluk pengelolaan pendidikan di sekolah, tidak mengetahui pendapatan dan belanja sekolah, tidak dilibatkan dalam mengevaluasi kekuatan dan kelemahan kinerja sekolah dan sebagainya. Pengelolaan yang dianggap tidak transparan dan akuntabel berdampak negatif bagi perkembangan sekolah, karena orang tua murid akan meragukan sumbangan yang mereka berikan akan benar-benar dimanfaatkan bagi kepentingan penyelenggaraan pendidikan atau akan terjadi penyimpangan yang tidak diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas keuangan sekolah, partisipasi wali murid, hubungan akuntabilitas keuangan sekolah dengan peningkatan partisipasi wali murid serta pengaruh akuntabilitas keuangan sekolah terhadap peningkatan partisipasi wali murid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan kuesioner/angket. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 73 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik, korelasi product moment serta analisis regresi linier sederhana. Dari pengujian data diketahui tingkat


kualitas akuntabilitas keuangan sekolah tergolong sangat baik karena mempunyai nilai rata-rata (mean) sebesar 37,21 dengan standar deviasi 3, 41, sedangkan tingkat kualitas partisipasi wali murid tergolong sangat baik mempunyai nilai rata-rata (mean) sebesar 36,92 dengan standar deviasi 3, 76. Dari pengujian yang telah dilakukan diperoleh terdapat hubungan akuntabilitas keuangan sekolah dengan partisipasi wali murid. Hasil hitung korelasi  product moment di dapatkan bahwa r = 0,94. Karena nilai Sig (2-tailed) (p < 0,05) pada tabel r product moment dengan taraf 5% nilai 0,235 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara akuntabilitas keuangan sekolah dengan partisipasi wali murid. Berdasarkan rxy dengan nilai 0,94 yang terletak antara 0,80 – 1,00 yang mana interpretasinya tergolong sangat kuat/tinggi. Sedangkan Berdasarkan analisis data menggunakan regresi linier sederhana hasil penelitian pengaruh akuntabilitas terhadap partisipasi mempunyai ada hubungan yang signifikan antara tingkat akuntabilitas keuangan sekolah dengan partisipasi wali murid. untuk variabel akuntabilitas keuangan sekolah, berdasarkan hasil analisis diperoleh t hitung sebesar 23,288, maka t hitung > t tabel (23,288 > -1,010) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya koefisien regresi akuntabilitas keuangan sekolah  signifikan. Berdasarkan besarnya pengaruh variabel  akuntabilitas keuangan sekolah terhadap partisipasi wali murid menandakan bahwa faktor akuntabilitas keuangan sekolah sangat kuat untuk memprediksi partisipasi wali murid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.D., Siti Irene. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011.

Arikunto, Suharsimi, ed. Organisasi Dan AdministrasiPendidikanTeknologi Dan Kejuruan. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada, 1993.

———. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta, 2002.

Astuti Widi. “Widi.Partisipasi Komite Sekolah dalam Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Negeri Se Kecamatan Godean.” Undergraduate, Universitas Negeri Yogyakarta, 2008.

Azwar. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2002.

Azwar, Saifudin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Bahaddur, Muslikh. Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Pembelajaran di SD Islam Terpadu Salman Al Farisi Yogyakarta. Yogyakarta: UNY, 2012.

Bastian, Indra. Indra.Akuntansi Pendidikan. Jakarta: Erlangga, 2007.

Boy, Denny, and Hotniar Siringoringo. “Analisis Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah (APBS) Terhadap Partisipasi Orang Tua Murid.” Jurnal Ekonomi Bisnis 14, no. 12 (August 2009).

Bungin, Burhan. Burhan.Metodologi Penelitian Kuantitatif(Jakarta. Jakarta: Prenada Media Group, 2011.

Departemen Pendidikan Kebudayaan RI. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1999.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT.GramediaPustakaUtama, 2008.

Depdiknas. Partisipasi Masyarakat. Jakarta: Depdiknas, 2001.

Direktorat Pembinaan SMP. Kementrian Pendidikan Nasional, 2012.

Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. Depdiknas RI, 2005.

Fattah, Nanang. Nanang.Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: CV. Pustaka Bani Quraisy, 2004.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset, 1989.

Hadikusumo, Kunaryo. “Pengertian Orang Tua.” aryesnovianto.blogspot.com. Last modified December 2012. Accessed November 10, 2016. http://aryesnovianto.blogspot.com/2010/12/pengertian-orang-tua-menurut-kunaryo.html.

Hajar, Ibnu. Ibnu.Dasar-dasarMetodologiKuantitatifdalamPendidikan. Jakarta: Raja GrafindoPersada, 1999.

Hardiyanto. Mencari Sosok Desentralisasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Malo, Karolina. “Analisis Kausalitas Antara Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendidikan Terhadap Partisipasi Orang Tua Murid.” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 5, no. 1 (2016).

Mulyasa, E. E.ManajemenBerbasisSekolah: Konsep, StrategidanImplementasi. Bandung: PT. RemajaRosdakarya, 2002.

———. ManajemenBerbasisSekolah. Bandung: PT RemajaRosdakarya, 2004.

PH, Slamet. Kapita Selekta Desentralisasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, 2005.

Pidarta, Made. Made.Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Prasetyo, Bambang, and Lina Miftakhul Jannah. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

Raeni. “Pengaruh Prinsip Keadilan, Efisiensi, Transparansi, Dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Terhadap Produktivitas SMK.” Economic Education Analysis Journal 3, no. 1 (2014).

Sudarmayanti. Good Governance “Kepemimpinan Yang Baik. Bandung: MandarMaju, 2012.

Sudjana, Nana. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

———. MetodePenelitianPendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.

Suharso, Puguh. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis. Jakarta: PT Indeks, 2009.

Sukarsono, Edi. Sistem Pendidikan Manajemen: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Sutedjo. “Persepsi Stakeholders Terhadap Transparansim Dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Sekolah Menengah Pertama Standar Nasional Kabupaten Kendal.” Tesis, 2009. http://eprints.undip.ac.id/24292/1/Sutedjo.pdf.

Waluyo. Manajemen Public. Bandung: MandarMaju, 2007.

Warsito, Hermawan. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Yuwono, Sony, Tengku Agus Indrajaya, and Hariyandi. Penganggaran Sektor Publik : Pedoman Praktis Penyusunan, Pelaksanaan dan Pertanggung jawaban APBD (BerbasisKinerja). Malang: Bayu Media Publishing, 2005.

“Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.

Published
2021-02-03
How to Cite
A’yuninBinti Khurotut, and Nur Kholis. “Hubungan Akuntabilitas Keuangan Sekolah Dengan Partisipasi Wali Murid Di SDN Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk”. Jurnal Kependidikan Islam 11, no. 1 (February 3, 2021): 71-93. Accessed April 15, 2021. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1122.
Section
Articles