Homeroom Technique dan Pengembangan Interpersonal-Intelegnce Siswa (Studi Kasus di SMA Gita Kirti 2 Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.15642/jkpi.2013.3.1.140-163Keywords:
Teknik Homeroom, Kecerdasan InterpersonalAbstract
Tulisan ini mengkaji bagaimana cara mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa melalui teknik Homeroom yang mana kecerdasan interpersonal termasuk dalam 8 multiple inteligences dipelopori oleh Howerd Gardner. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif dalam hal ini penelili memberikan tes skala kecerdasan interpersonal setelah itu melaksanakan teknik Homeroom yang diisi dengan permainan berupa pengembangan kecerdasan interpersonal Berdasarkan dari penelitian ini adalah adanya respon balik terhadap pengembangan kecerdasan siswa melalui teknik Homeroom, sebelum dilaksanakannya teknik Homeroom siswa lebih memilih bersama teman satu kelomponya saja, apabila dikumpulkan dengan kelompok yang lain! tempat yang lain siswa enggan untuk berinteraksi, siswa memilih untuk menutup diri, basil ini diperoleh dari instrumen sebelum melakukan teknik Homeroom berupa menulis teman dekatnya. Sedangkan setelah melakukan teknik Homeroom siswa bisa lebih terbuka dengan teman yang lain mereka saling memberi umpan balik seperti ketika siswa saling shering tentang dirinya yakni menilai sifat positif dan negatif pada dirinya