Pengelolaan Kelas Inklusi di Sekolah Dasar Muhammadiyah 20 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.15642/jkpi.2013.3.1.1-28Keywords:
Pengelolaan, Pendidikan, Siswa InklusiAbstract
Pendidikan untuk semua, itu merupakan amanat seluruh halnya kita yakini kebenarannya, mulai dari landasan agma, sosial, dan tanggung jawab individu sebagai manusia. Oleh karnanya, tak satupun di dunia ini yang diperkenankan untuk tidak mendapatkan pendidikan, termasuk anak berkehutuhan khusus. Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji pelaksanaun pembelajaran dan pengelolaan kelas untuk siswa yang memiliki kebutuhan khusus tersebut. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai tambahan referensi implementasi dalam proses pendidikan. Metode yung digunakan adalah kuantitatif-deskriptif. Hasil penelitiannya menyebutkan adanya sirategi, model, dan desain yang cukup efektif yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah 20 Surabaya. Meskipun di dalamnya juga terdapat hambatan-hambatan kecil.