Pengembangan Life Skill: Kewirausahaan melalul Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal Kelautan di SMA Muhammadiyah 06 Paciran Lamongan

Authors

  • Imam Bawani IAIN Sunan Ampel Surabaya
  • Puji Setyawati IAIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2012.2.2.119-140

Keywords:

Life skill, Kewirausahaan, Keunggulan Lokal Kelautan

Abstract

Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal di SMA Muhammadiyah 06 Paciran Lamongan adalah (nogram pemhelajaran yang diselenggarakan pada SMA sesuai dengan kebutuhan daerah, dengan memanfaatkan berbagai sumber daya alam, sumber daya manusia, geografis, budaya, historis dan potensi daerah lainnya yang bermanfaat dalam proses pengerribangan potensi, bakat dan minat peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yag terkumpul kemudian di analisis dengan teknik pengecekan dan keabsahan data yang diperoleh, dan untuk mengetahui keabsahan data yang ditulis diperlukan adanya teknik keabsahan data yakni dengan menggunakan dua cara yaitu trianggulasi dan pengamatan mendalam. Dalam mengembangan Life skill Kewirausahaan Melalui Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal Kelautan di SMA Muhammadiyah 06 Paciran Lamongan, dengan melakukan praktek dalam mata pelajaran muatan local PHL (Pengolahan Hasil Laut) antara lain Proses pembuatan surimi, Fish cake, Fish ball, Dan Fish nugget. Dengan lebih mensosialisasikan Program tersebut sehingga dapat menunjang keberhasilan pendidikan, menciptakan kerjasama dengan berbagai pihak, dan membuat sistem pemeliharaan sarana prasarana.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-08-12

How to Cite

Bawani, Imam, and Puji Setyawati. “Pengembangan Life Skill: Kewirausahaan Melalul Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal Kelautan Di SMA Muhammadiyah 06 Paciran Lamongan”. Jurnal Kependidikan Islam 2, no. 2 (August 12, 2012): 119–140. Accessed October 19, 2021. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1077.

Issue

Section

Articles