Pendidik Profesional dalam Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam

Authors

  • Ach. Syaiful A'la Sekolah Tinggi Islam Al-Karimiyyah (STIA) Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2012.2.1.66-82

Keywords:

Pendidik, Professional, Filosofis

Abstract

Setiap kajian pendidikan tidak iepas dari adanya diskunus tentang pendidik dan peserta didik. Dalam beberapa literatur (seperti kitab kuning) pendidik selalu menempati posisi awal untuk didiskusikan dari pada peserta didik. Ini menandakan bahwa menjadi pendidik tidaklah sembarangan. Bahasan ini akan
dimulai dari pengertian pendidik, kedudukan pendidik, juga sifatsifat yang dimilifci oleh seorang pendidik, misalnya guru dan dosen. Kenapa ini penting untuk didiskusikan^ Karena posisi pendidik mempunyai fungsi, peran dan kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan nasional bidang pendidikan sehingga perlu dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat, terutama dalam pembelajaran kaitannya dengan transfer of knowledge dan
pembentukan karakter peserta didiL Pendidik dikatakan profesional harus memiliki beberapa kompetensi sebagai seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan dalam melaksarmkan tugas profesional Dalam dunia Islam, pendidik mendapatkan posisi
sebagai orang terhormat. Pendidik dihormati karena ilmu dan pengetahuan yang dimiliki. Menjadi perulidik juga herulaknya ada pengakuan (lisensi, ijazah) formal atau non-formal serta penghargaan yang diberikan terhadap dirinya sebagai profesi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-02-12

How to Cite

A’la, Ach. Syaiful. “Pendidik Profesional Dalam Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam”. Jurnal Kependidikan Islam 2, no. 1 (February 12, 2012): 66–82. Accessed March 29, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1065.

Issue

Section

Articles