Hakikat KB-RA. Perwanida Ketintang Surabaya dalam Mengajarkan Buku Materi Bahasa Arab-Inggris pada Kelompok A

  • Imam Syafi’i UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Alfian Nuril Abror UINSA
Keywords: Itself, Teaching, arabic-english material books

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan alasan KB-RA. Perwanida Ketintang Surabaya mengajarkan buku materi Bahasa Arab-Inggris pada kelompok A. Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya masyarakat yang menanyakan perihal alasan lembaga tersebut mengajarkan buku materi Bahasa Arab-Inggris. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu mendeskripsikan mengapa KB-RA. Perwanida Ketintang Surabaya mengajarkan buku materi Bahasa Arab-Inggris pada kelompok A. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan yang merujuk pada model Miles and Huberman. Teknik keabsahan data menggunakan credibility, transferability, dependability dan confirmability. Bersumber pada pengumpulan data dan analisis yang dilakukan terdapat beberapa temuan hasil penelitian tentang hakikat atau alasan KB-RA. Perwanida dalam mengajarkan buku materi Bahasa Arab-Inggris pada kelompok A. Hasil dari penelitian tersebut KB-RA. Perwanida beralasan karena dapat mengembangkan perkembangan bahasa asing anak usia di sesuai dengan tahap usianya, menciptakan suasanya belajar yang menyenangkan dan menarik, memudahkan siswa untuk belajar Bahasa Arab dan Inggris pada tingkat pendidikan selanjutnya dan dapat melatih perkembangan kognitif anak usia dini. Selain itu, anak juga memiliki lebih banyak waktu untuk belajar Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, anak akan lebih cepat memahami bahasa yang sedang dipelajarinya yang sangat berpengaruh pada tahap perkembangan bahasa selanjutnya, anak akan lebih mahir dalam menguasai bahasa ibu. Anak akan memiliki kesempatan belajar Bahasa Arab dan Bahasa Ingris lagi di tingkah sekolah dasar ataupun menengah, bukui ini sangat menarik untuk AUD dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriana, E., Syachruroji, A., Alamsyah, T. P., & Sumirat, F. (2017). Natural science Big Book with Baduy local wisdom base media development for elementary school. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 76–80. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8674

Anggraini, Wardah; Putri, A. D. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Wardah Anggraini 1 , Anggi Darma Putri 2. 1(2), 104–114.

Arumsari, A. D., Arifin, B., Rusnalasari, Z. D., & Inggris, B. (2017). Pembelajaran bahasa inggris pada anak usia dini di kec sukolilo surabaya. 4(2), 133–142.

Chairunnissa, C. (2017). Metode Penelitian Ilmiah Aplikasi dalam Pendidikan dan Sosial. Mitra Wacana Media.

Dardjowidjojo, S. U. A. J. (2012). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Dhieni, N. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.

Lestariningrum, A. (2017). Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini (Pertama). Adjie Media Nusantara.

Mawarti, S. (2018). Implementasi Media Pembelajaran Visual untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di RA Perwanida Gejugan, Tanjung, Klego, Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. In Высшей Нервной Деятельности. IAIN Surakarta.

Muid, A. (2015). Pentingnya Bahasa Inggris dan Bahasa Arab pada Kurikulum Pendidikan. 14(2), 32–43.

Mujiarti, L. (2014). PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS GAMBAR ALAM DAN BUATAN KELAS V SEMESTER I MI Oleh : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Nambiar, M. (1993). Early Reading Instruction - Big Books in the ESL Classroom* *. XXII(October), 1–9.

Pangastuti, R. (2019). Media Puzzle untuk Mengenal Bentuk Geometri. 1(1), 50–59.

Rujakat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Sa’ida, N. (2018). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. 4(2), 16–22.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya (Pertama). Kencana.

Suwarni, E. (2015). PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS LOKAL MATERI KEANEKARAGAMAN LABA-LABA DI KOTA METRO SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF BIOLOGI UNTUK SISWA SMA KELAS X. 6(2), 86–92.

Tyaningsih, A. R. (2016). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI. 3(1), 74–82.

Uzer, Y. (2019). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK. 2(1).

Uzer, Y. V. (2019). Strategi belajar bahasa inggris yang menyenangkan untuk pendidikan anak usia dini. 2(1).

Yuli, & Rachmawati, S. F. A.-M. W. N. A. et al. (2014). ENGLISH IN PRESCHOOL CURRICULUM : A DESCRIPTIVE STUDY OF THE TEACHING OF ENGLISH AS AN INTRA-SCHOOL CURRICULUM IN. 14(2), 193–204.

Published
2020-06-15
How to Cite
Syafi’iI., & AbrorA. (2020). Hakikat KB-RA. Perwanida Ketintang Surabaya dalam Mengajarkan Buku Materi Bahasa Arab-Inggris pada Kelompok A. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 64-75. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.577
Section
Articles